Wow! Ternyata Ada 5 Hewan Purba Yang Masih Hidup di Indonesia

TANGSEL, Spot19 – Banyak hewan yang pernah ada di bumi ini akhirnya punah karena tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada. Indonesia sendiri juga merupakan rumah bagi beberapa spesies hewan purba yang sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Keberadaan hewan purba ini dapat ditemui menyebar di beberapa wilayah Indonesia.

Baca juga: 5 Jenis Kucing Hutan Asli Sumatra Terancam Punah

Ternyata ada 5 hewan purba yang masih hidup di Indonesia.

1. Komodo

Komodo @pexels-dimitri-dim
Komodo @pexels-dimitri-dim

Komodo mempunyai nama latin Varanus Komodoensis. Komodo merupakan spesies reptil endemik yang hidup sejak zaman purba. Sering disebut juga biawak komodo. Struktur tubuh komodo diketahui mirip dengan fosil-fosil dari jenis dinosaurus. Hewan ini bisa sobat temukan di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Gili Motang, Nusa Tenggara Timur. Evolusi dari komodo di Asia diperkirakan sekitar 40 juta tahun yang lalu. Biawak komodo telah di tetapkan sebagai satwa dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga: Ini Dia Tips Liburan Akhir Tahun Yang Harus Diketahui

2. Trenggiling

Trenggiling @Flickr
Trenggiling @Flickr

Trenggiling termasuk hewan mamalia dan uniknya hewan sebesar ini adalah pemakan semut dan rayap. Hewan ini menggunakan sisiknya untuk melindungi diri dari predator. Jika merasa terusik, trenggiling akan menggulungkan tubuhnya seperti bola. Beberapa fosil trenggiling telah ditemukan di zaman Oligosen (sekitar 34 sampai 23 juta tahun yang lalu) dan Miosen (23 sampai 5 juta tahun yang lalu). Saat ini populasi trenggiling bisa ditemukan di daerah pegunungan di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali. Merupakan satwa yang dilindungi menurut Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 1990.

Baca juga: Berikut Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Liburan

3. Buaya Muara

Buaya Muara @Flickr
Buaya Muara @Flickr

Buaya yang mempunyai nama latin Crocodylus porosus ini termasuk buaya yang terbesar di dunia dan hidup di muara sungai atau air payau. Masih termasuk kerabat dekat dengan hewan reptil purba yaitu Crocodile saurus dan hanya sedikit berubah karena evolusi. Buaya muara memakan hampir semua jenis makanan seperti ikan, unggas, dan mamalia. Hewan ini bisa mencapai panjang 12 meter seperti pernah ditemukan di Sangatta, Kalimantan Timur.

Baca juga: 5 Pantai Eksotis Yang Tersembunyi di Gunung Kidul

4. Penyu Belimbing

Anak Penyu Belimbing @pexels-jolo-diaz
Anak Penyu Belimbing @pexels-jolo-diaz

Penyu Belimbing dengan nama latin Dermochelys coriacea adalah jenis penyu raksasa dan hanya jenis ini dari suku Dermochelyidae yang masih hidup. Diperkirakan penyu ini sudah ada di bumi sejak 100 juta tahun silam. Satwa ini mudah diidentifikasi dari karapasnya atau cangkang luar yang berbentuk seperti garis-garis buah belimbing. Dan juga merupakan satu-satunya jenis penyu yang tidak memiliki karapas atau cangkang yang keras. Makanan utama hewan ini adalah ubur-ubur. Penyu ini adalah jenis penyu terbesar di dunia yang beratnya bisa mencapai 900 kg dengan panjang badan 1,5 sampai 2 meter.

Baca juga: 10 Jenis Salad Khas Indonesia Warisan Leluhur

5. Belangkas

Belangkas @Flickr
Belangkas @Flickr

Belangkas adalah jenis hewan beruas atau artropoda yang menghuni perairan dangkal dan kawasan hutan mangrove. Hewan ini sering disebut kepiting ladam karena bentuknya seperti ladam kuda yang berekor. Daging dan telur belangkas bisa dikonsumsi, bahkan dengan hanya memanggang atau membakarnya saja, yang membuat hewan ini banyak diburu. Dibandingkan dengan fosil yang ditemukan, hewan ini tidak mengalami perubahan bentuk yang signifikan sejak zaman Devon (400 sampai 250 juta tahun yang lalu). Di Indonesia, belangkas termasuk satwa dilindungi berdasarkan Peraturan menteri LHK (P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018)

Inilah 5 hewan purba yang masih hidup di Indonesia yang harus tetap kita lestarikannya populasinya sebagai warisan ke anak cucu.

**Editor: Ed Ward

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *