5 Pantai Eksotis Yang Tersembunyi di Gunung Kidul

TANGSEL, Spot19 – Tidak akan habis mengulas keindahan alam Yogyakarta, yang kali ini diwakili oleh Kabupaten Gunung Kidul. Gunung Kidul terkenal dengan pantai-pantainya yang indah juga asri. Tetapi ternyata ada beberapa pantai di Gunung Kidul yang eksotis tetapi tersembunyi.

Baca juga: Wisata ke Tawangmangu? Mampir Yuk di Banyu Mili Resto and Cafe

Pantai apa saja ya? Yuk kita ulas satu persatu.

1. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran @Flickr
Pantai Ngobaran @Flickr

Pantai Ngobaran termasuk pantai di gugusan pantai selatan tepatnya berada di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Keindahan Pantai Ngobaran dengan pemandangan alaminya ditambah dengan eksotisme Pura diatas sebuah tebing yang mengarah ke laut. Pantai ini juga kental nuansa sejarah Kerajaan Majapahit dan Demak di masa lalu.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Probolinggo Nan Eksotik

2. Pantai Widodaren

Pantai Widodaren @Flickr
Pantai Widodaren @Flickr

Masih di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, ada sebuah pantai yang dikenal sebagai Pantai Widodaren yang eksotis tetapi tersembunyi. Untuk sampai ke pantai Widodaren ini, aksesnya lumayan sulit dan panjang karena harus berjalan kaki kurang lebih 40 menit dari tempat penitipan motor. Kebanyakan pengunjung yang datang ingin berkemah.Memang ada sebuah area terbuka yang luas dan berumput di sebelah timur yang bisa digunakan untuk berkemah. Tidak jauh dari area berkemah ini ada sebuah tebing yang biasa digunakan untuk berfoto oleh pengunjung dengan latar deburan ombak.

Baca juga: Wisata Liburan Wisata Akhir Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022

3. Pantai Srakung

Pantai Srakung @Flickr
Pantai Srakung @Flickr

Pantai eksotis berikutnya adalah Pantai Srakung yang berlokasi di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya searah dengan pantai Sadeng, dan untuk sampai kesini sobat mesti melewati jalan yang sempit dan berbatu. Namun perjuangan untuk sampai ke pantai ini akan terbayar lunas setelah sobat sampai dan melihat keindahannya. Pantai Srakung juga bisa digunakan untuk kegiatan camping dan berkemah.

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Bandung Paling Hits yang Sayang Untuk Dilewatkan

4. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan @Flickr
Pantai Sedahan @Flickr

Pantai Sedahan terletak di Desa Pendowo, Jepitu, Girisubo. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan lembut. Karena diapit dua tebing karang seakan pantai ini tersembunyi kecantikannya. Sobat bisa berkemah dan bermalam di sisi pantai. Relatif aman karena ombaknya kecil jadi anak-anak bisa bebas bermain di air lautnya yang jernih.

5. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok @Flickr
Pantai Jungwok @Flickr

Pantai Jungwok termasuk pantai eksotis yang berada di Desa Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul seperti Pantai Sedahan. Pantai ini memiliki banyak terumbu karang yang masih alami dan seringkali terlihat warga sekitar sedang memancing di sekitar pantai. Karena letaknya yang agak tersembunyi, pantai ini relatif masih sepi jadi seakan terasa seperti pantai milik pribadi ketika sobat berkunjung kesini. Selain bermain air dan pasir pantai, sobat juga bisa berkemah dan menghabiskan waktu berkegiatan di Pantai Jungwok ini.

Inilah sekilas info 5 pantai eksotis yang tersembunyi di Gunung Kidul sobat. Selamat berlibur dan tetap jaga kebersihan pantai jika berkunjung ya.

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *