11 Orang Yang Doanya Dijanjikan Allah Akan Dikabulkan

11 Orang yang Doanya dijanjikan Allah akan dikabulkan
Dokumen Pribadi

Tangsel, Spot19 – Doa yang dikabulkan adalah harapan semua orang. Doa siapakah yang mustajab? Apakah sobat bisa termasuk di dalamnya? Berikut adalah 11 golongan orang-orang yang telah disebutkan keutamaannya oleh Rosululloh SAW dan Allah menjanjikan akan mengabulkan doanya.

Doa Orang yang Banyak Berdzikir

Rosululloh SAW bersabda: “Ada tiga orang yang doanya tidak akan ditolak oleh Allah: Doa orang banyak berdzikir, doa orang yang terdzolimi, dan doa pemimpin yang adil.’” (HR Baihaqi dan Thabrani)

Doa Orang yang Terdzolimi

Ketika Rosululloh SAW mengutus Mu’adz ke Yaman, Beliau berwasiat: “…Dan hati-hatilah dengan doa orang yang terdzolimi, karena tidak ada penghalang antara ia dan Allah.’” (HR Bukhari)

Baca juga: 15 Waktu Waktu Emas Untuk Berdoa

Doa Seorang Musafir

Rosululloh SAW bersabda: “Ada tiga orang yang pasti dikabulkan dan tidak ada keraguan di dalamnya: Doa orang yang terdzolimi, doa seorang musafir, dan doa seorang bapak untuk anaknya.’” (HR Tirmidzi dan lainnya)

Doa Orang yang Berbuka Puasa dan Doa Pemimpin yang Adil

Rosululloh SAW bersabda: “Ada tiga tipe orang yang doa mereka tidak akan tertolak: Doa orang yang berpuasa ketika berbuka. (doa) pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi yang Allah angkat ke atas awan dan dibukakan-Nya baginya pintu-pintu langit, Allah berfirman, ‘Demi keagungan-Ku, sungguh Aku benar-benar akan menolongmu meski setelah beberapa saat.’” (HR Tirmidzi dan lainnya)

Doa Anak Yang Soleh

Rosululloh SAW bersabda: “Apabila manusia telah meninggal dunia maka amalannya akan terputus darinya kecuali 3 hal: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak soleh yang berdoa untuknya.’” (HR Muslim)

Baca juga: 7 Amalan Agar Diberikan Umur Panjang, Berkah & Berkualitas

Doa Anak Yang Berbakti Kepada Kedua Orang Tuanya

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rosululloh SAW bersabda: “Sungguh, Allah benar-benar akan mengangkat derajat hamba-Nya yang soleh di surga hingga hamba itu menanyakan, ‘Duhai Rabb, dari mana aku mendapatkan derajat (yang tinggi) ini?’ Allah menjawah, ‘Karena permohonan ampun anakmu bagimu.’” (HR Ahmad)

Doa Orang yang dalam Kesulitan

Allah berfirman: “Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya…” (QS; An-Naml 62)

Doa Seorang Muslim Kepada Saudaranya Tanpa Sepengetahuannya

Abu Darda RA meriwayatkan bahwa Rosululloh SAW bersabda: “Ketika seorang muslim berdoa untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya, maka malaikat akan berdoa untuknya, Bagimu semisal dengannya.’” (HR Muslim)

Baca juga: Aset Yang Paling Mulia Paling Berharga Dalam Kehidupan, Berikut Penjelasan Gus Qoyyum Manshur Rembang

Doa Orang yang Bermalam Dalam Keadaan Suci dan Berdzikir Kepada Allah

Muadz bin Jabal RA meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda: “Tidaklah seorang muslim bermalam dalam keadaan suci dan berdzikir kepada Allah, ia terbangun di malam hari dan berdoa kepada Allah agar diberi kebaikan dunia dan akhirat kecuali Allah akan mengabulkan doanya.’” (HR Abu Dawud dan Ahmad)

Doa Orang yang Berdoa dengan Doa Dzun Nun (Nabi Yunus AS)

Rosululloh SAW bersabda: “Doa Dzun Nun (Nabi Yunus AS) ketika ia berdoa sedang ia berada dalam perut ikan yaitu. ‘ La Ilaha illa Anta Subhahanaka Inni Kuntu Minadh-Dhalimin.’ Tidaklah seorang muslim berdoa dengan doa tersebut dalam sebuah urusan kecuali Allah pasti akan mengabulkan baginya .’” (HR Tirmidzi dan lainnya)

Doa Orang yang Sedang Menunaikan Ibadah Haji, Umrah dan Fi-Sabilillah

Ibnu Umar RA meriwayatkan, Rosululloh SAW bersabda: “Fi-Sabilillah, orang yang sedang menunaikan ibadah haji dan umrah, mereka adalah para tamu Allah. Allah memanggil mereka kemudian mereka menyambut panggilan Allah. Maka, bila mereka meminta kepada-Nya, niscaya Allah kabulkan permintaan mereka.’” (HR Ibnu Majah)

Baca juga: Pandangan Islam Terhadap Konsep Childfree Dalam Berumah Tangga

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.