Masjid Dengan Kubah Terbesar di Dunia Ada di Tangerang

TANGSEL, Spot19 Masjid sebagai rumah ibadah umat Islam sangat banyak jumlahnya di Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Tetapi ternyata di Tangerang ada satu masjid yang memiliki beberapa keunikan yaitu masjid Al-A’zhom. Masjid Al-A’zhom berada di Jalan Satria Sudirman, Kelurahan Suka Asih, Tangerang. Masjid ini merupakan karya dari Guru Besar Arsitektur ITB, Ir. H Slamet Wirosanjaya. Lalu apa saja keunikan dari masjid kebanggaan warga Tangerang ini?

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Keluarga di Tangerang

1. Desain menyerupai benteng

Kota Tangerang yang dikenal sebagai Kota Benteng menjadi inspirasi sang arsitek untuk mendesain masjid ini. Dengan semangat filosofis inilah dibuat kantilever diatas genteng berbentuk benteng. Didalamnya terdapat banyak lubang ditengah sebagai tempat moncong meriam dalam benteng pada konstruksi bagian atas masjid.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Kuliner di Kota Tangerang yang Wajib Dicoba

2. Memiliki kubah terbesar di dunia

Kondisi area dalam Masjid Al-A'zhom. Source IG @maninae92
Kondisi area dalam Masjid Al-A’zhom. Source IG @maninae92

Masjid Al-A’zhom diclaim memiliki kubah terbesar di dunia dengan bentuk yang sangat ikonik. Keunikan kubah masjid ini walaupun berukuran besar tetapi tidak ada tiang penyangga di dalam masjid. Struktur kubah induk yang berada ditengah ditopang oleh empat anak kubah yang berbentuk setengah lingkaran. Topangan anak kubah yang berjumlah empat inilah yang membuat kubah utama berdiri kuat dan kokoh. Dengan diameter 63 meter, kubah Masjid Al-A’zhom ini diclaim sebagai kubah masjid terbesar di dunia.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Pantai Masyarakat Tangerang

3. Terdapat 5 buah kubah

Lima buah kubah terlihat dari atas. Source IG @a_sihab
Lima buah kubah terlihat dari atas. Source IG @a_sihab

Selain ukuran diameter kubah utama yang besar, keunikan lainnya dari Masjid Al-A’zhom ini adalah memiliki lima buah kubah. Lima buah kubah ini adalah sebagi simbol dari lima rukun Islam dan sebagai pengingat sholat lima waktu.

4. Memiliki 4 buah tower

Kemegahan Masjid Al-A'zhom saat malam hari menampakkan keempat towernya. Source IG @a_sihab
Kemegahan Masjid Al-A’zhom saat malam hari menampakkan keempat towernya. Source IG @a_sihab

Lebih lanjut, keunikan lainnya adalah terdapat empat tower di empat sisi masjid yang menambah keindahan dari kubah masjid. Masing-masing konstruksi dari tower Masjid Al-A’zhom ini memiliki tinggi 55 meter. Filosofis dari empat buah tower ini adalah melambangkan makna 4 ajaran Islam, yaitu akidah, akhlak, syariah, dan ibadah.

5. Luas area masjid 5.775 meter persegi

Masjid yang mampu menampung jumlah jamaah hingga 15.000 orang ini memiliki luas bangunan 5.775 meter persegi. Luas sekali ya? Dan saat ini Masjid Al-A’zhom merupakan masjid yang terbesar di kota Tangerang.

6. Berdiri di atas lahan seluas 2,25 hektare

Masjid kebanggaan dan salah satu landmark kota Tangerang ini memiliki luas area hingga 2,25 hektare.

7. Lahan parkir yang luasnya 14.000 meter persegi

Selain ukuran masjid dan kubah yang besar, Masjid Al-A’zhom ini juga memiliki luas area parkir mencapai 14.000 meter persegi. Sangat luas ya, mengingat jumlah jamaah yang bisa ditampung pun sangat besar jumlahnya. Yuk persiapkan waktu sobat untuk berkunjung dan melaksanakan ibadah di Masjid Al-A’zhom ini.

 

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.