6 Fakta Menarik Tentang Pesawat Terbang

TANGSEL, Spot19 Sobat mungkin sering bepergian dengan pesawat terbang tetapi tidak mengetahui ternyata ada 6 fakta menarik tentang pesawat terbang. Yuk kita bahas fakta menarik tersebut.

Baca juga: 9 Profesi di Area Bandara Selain Pilot yang Jarang Diketahui

1. Pesawat sebenarnya dirancang anti petir

Penerbangan dengan cuaca buruk. Instagram @zinhafamrath
Penerbangan dengan cuaca buruk. Instagram @zinhafamrath

Pesawat terbang modern telah dirancang sedemikian rupa untuk anti petir. Bagian bodi pesawat dirancang untuk dapat mengalirkan arus listrik keluar mengarah ke ekor pesawat. Jadi sobat tidak perlu takut jika saat sedang terbang dan kondisi cuaca banyak petir menyambar. Tenang saja, di dalam pesawat terbang keadaan sobat dijamin aman.

Baca juga: Penerbangan ke Lampung Dari Bandara Pondok Cabe

2. Pintu pesawat tidak dapat terbuka saat mengudara

Ilustrasi pesawat saat terbang di angkasa. gambar Flickr
Ilustrasi pesawat saat terbang di angkasa. gambar Flickr

Saat mengudara, tekanan tinggi yang timbul menyebabkan pintu pesawat tidak dapat terbuka. Karena sistem pintu pesawat adalah sistem sumbat yang menyumbat dari dalam keluar. Hal ini dirancang seperti itu karena jika pintu dapat terbuka saat terbang akan ada tekanan besar yang akan menarik benda apapun keluar pesawat.

3. Pesawat ternyata memiliki klakson

Jangan berpikir bahwa klakson pesawat sama dengan klakson yang ada di mobil atau motor. Klakson pesawat hanya digunakan saat pesawat mendarat atau diam, umumnya digunakan oleh teknisi pesawat saat bertugas. Contohnya untuk menarik perhatian teknisi lainnya yang berada diluar pesawat jika ditemukan sesuatu masalah oleh teknisi yang berada di dalam kokpit.

4. Suhu di dalam pesawat tidaklah dingin

Suhu di kabin pesawat sebenarnya sama dengan suhu ruangan. Gambar Flickr
Suhu di kabin pesawat sebenarnya sama dengan suhu ruangan. Gambar Flickr

Seringkali sobat pasti merasakan dingin saat berada di dalam pesawat. Padahal suhu di dalam pesawat biasanya hanya 23 derajat celcius sama dengan suhu ruangan kantor pada umumnya. Hal ini disebabkan karena gerakan yang serba terbatas di dalam pesawat yang menyebabkan tubuh sobat tidak menghasilkan panas.

5. Makanan pilot dan co pilot itu berbeda

Ilustrasi pilot dan co pilot. Gambar Flickr
Ilustrasi pilot dan co pilot. Gambar Flickr

Ternyata menu makanan pilot dan co pilot itu berbeda. Hal ini sebagai upaya pencegahan terhadap resiko keracunan makanan. Jika salah satu dari mereka ternyata keracunan makanan, pesawat harus tetap dapat dioperasikan dengan baik.

6. Pesawat tidak dapat bergerak mundur

Untuk bergerak mundur pesawat harus dibantu oleh pushback car. Gambar Flickr
Untuk bergerak mundur pesawat harus dibantu oleh pushback car. Gambar Flickr

Ternyata pesawat terbang itu tidak dapat bergerak mundur. Jadi untuk memundurkan pesawat, dibutuhkan bantuan pushback car yang akan membantu pesawat untuk mundur ke jalur semestinya. Inilah 6 fakta menarik tentang pesawat terbang yang jarang diketahui orang.

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *