Cara Merawat Furnitur Rotan Agar Awet

Ilustrasi furnitur rotan.Gambar Instagram @monoliving.id
Ilustrasi furnitur rotan.Gambar Instagram @monoliving.id

TANGSEL, Spot19 Furnitur rotan saat ini memiliki banyak desain menarik dan bervariasi. Dan kini pun bahan rotan ini banyak dipadupadankan dengan material lainnya seperti besi, kayu, alumunium, ataupun kaca. Sobat yang senang dengan suasana natural dan eksotis di rumah, dapat memilih furniture dari rotan ini. Lalu, bagaimana cara merawat furniture rotan agar awet? Berikut ini tipsnya.

Baca juga: Kakeibo: Trik Ibu Rumah Tangga di Jepang mengelola Keuangan

1. Lap dengan kain basah

Untuk perawatan rutin furnitur dari bahan rotan adalah mengelapnya dengan kain lembab yang menyerap air. Lakukan pengelapan minimal dua minggu sekali untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Tentang Pesawat Terbang

2. Finishing ulang

Mengecat ulang wajib sobat lakukan untuk membuat tampilan furnitur rotan ini kembali cerah bersinar seperti baru. Lakukan finishing ulang ini maksimal empat tahun sekali, biasanya dengan teknik semprot. Setelah dicat, disarankan lapisi permukaan rotan dengan melamin. Melamin akan membuat permukaan rotan kembali mengkilat, dan juga akan melindungi cat agar tidak mudah pudar ataupun mengelupas.

3. Membasmi rayap

Serbuk putih dari binatang kecil sejenis rayap adalah salah satu musuh rotan. Bila sudah ada gejala serbuk putih ini, segera lakukan pengobatan. Cara yang paling mudah adalah menggunakan kapur barus. Larutkan kapur barus dan minyak tanah dengan takaran satu sendok kapur barus dilarutkan dalam 200 mililiter minyak tanah. Lalu semprotkan pada bagian rotan yang terdapat rayap tadi dan diamkan sekitar delapan jam. Setelah itu lakukan pengecekan dan penyemprotan kembali jika masih ditemukan sisa-sisa rayapnya sampai benar-benar lenyap. Mungkin tips merawat furnitur rotan agar awet ini dapat bermanfaat buat sobat di rumah.

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.