4 Film Wajib Bagi Para Penggemar Kopi

TANGSEL, Spot19 Kopi merupakan minuman paling familiar di seluruh dunia berdampingan dengan minuman teh. Para penggemar kopi bisa dibilang fanatik karena mereka akan minum kopi minimal 1 cangkir perhari. Apakah sobat termasuk penggemar kopi? Berarti sobat mesti menonton 4 film wajib berikut ini. Film seperti juga kopi, selain membuat nyaman juga dapat menumbuhkan inspirasi. Ayo siapkan waktu dan kopi favorit sobat, lalu tonton pilihan film dibawah ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Coffee Shop Seputar Bintaro dan Sekitarnya

1. Black Gold (2006)

Film Black Gold. Source Wikipedia
Film Black Gold. Source Wikipedia

Black Gold mengisahkan bentuk perjuangan yang tidak seimbang antara para petani kopi yang miskin di Ethiopia dan perusahaan kopi multinasional. Alur cerita membawa kita kepada satu koperasi pekerja kecil di Ethiopia dan jalur perdagangan melalui rute menuju kafe-kafe di London dan New York. Sepanjang perjalanan itu, harga kopi akan naik ratusan kali lipat.

Film ini mengisahkan bahwa para petani itu miskin bukan karena mereka bodoh tetapi mereka tidak berdaya dengan dinamika pasar. Keadaan yang memaksa mereka tidak dapat menawar dengan efektif. Jika diberi imbalan yang layak atas pekerjaan mereka, mereka yakin dapat hidup tanpa mengharap bantuan dari siapapun. Black Gold menceritakan secara detail mengenai industry kopi mulai dari Ethiopia hingga kompetisi barista dan akhirnya sampai di kedai kopi di Barat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Coffee Shop di Ciledug Tangerang

2. A Film About Coffee (2014)

A Film About Coffee. Source IG @glenedithcoffee
A Film About Coffee. Source IG @glenedithcoffee

Film ini akan membawa sobat menjelajah dunia dari pertainan di Honduras dan Rwanda hingga akhirnya sampai di berbagai kedai kopi. Sebutlah kedai kopi di Tokyo, Portland, Seattle, San Fransisco, hingga New York. Film yang menawarkan gambaran unik dari penglihatan mata, pengalaman petani dan juga para barista. Semua proses, preferensi dan persiapan, juga tradisi lama dan baru akan bersatu pada secangkir kopi yang nikmat. Ini adalah film yang menjembatani antara kesenjangan intelektual dan geografis, juga membangkitkan rasa dan kesenangan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Coffee Shop di BSD Dengan Vibes yang Asik

3. The Coffee Man (2016)

Film The Coffee Man 2016. Source IG @thecoffeecamp
Film The Coffee Man 2016. Source IG @thecoffeecamp

Film The Coffee Man mengisahkan perjalanan Sasa dari negara Ethiopia, tempat kelahiran kopi menuju Seattle, Washington (AS). Seattle merupakan rumah gerakan kopi spesial dan sebagai tuan rumah Kejuaraan Barista Dunia. Awal cerita Sasa yang sederhana di negara Yugoslavia yang sedang dilanda perang hingga sampai dirumah angkatnya di Australia.

Perjalanan Sasa Sestic sampai di Kejuaraan Barista Dunia 2015 adalah perjalanan yang sangat panjang. Namun dedikasi Sasa dan obsesinya untuk membawa predikat juara telah membawa serta keluarganya, stafnya, petani kopi dan pemanggang kopi dan vendor yang bepergian bersamanya dalam perjalanan yang luar biasa ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Coffee Shop Sekitar Ciputat dan Pamulang

4. Coffee Heroes (2020)

Film Coffee Heroes 2020. Source IG @coffeeheroesfilm
Film Coffee Heroes 2020. Source IG @coffeeheroesfilm

Film wajib bagi penggemar kopi ini mengisahkan tentang seorang barista Polandia yang terobsesi menjadi Juara Dunia Barista Wanita Pertama. Setelah memenangkan Kejuaraan Barista Dunia tahun 2015, Sasa Sestic terobsesi mencari kopi terbaik dan akan terus mengikuti kejuaraan berikutnya. Dia terus mencari secangkir kopi terbaik yang sempurna hingga sampai pada komunitas petani kopi terpencil di Ethiopia. Sasa bertemu dengan Agnieszka Rojewska (Aga), seorang barista muda dari Polandia yang baru saja memenangkan kompetisi barista di Polandia. Aga memiliki misi untuk memenangkan kejuaraan barista dunia di Amsterdam dan menjadi wanita pertama yang memenangkannya. Sasa dan Aga lalu melakukan perjalanan sampai ke Ethiopia bertemu dengan para petani kopi lokal dan para penikmat kopi lainnya. Film yang seru tentang perjalanan kolaborasi mencari kopi terbaik di dunia.

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.