5 Cara Unik Menikmati Travelling yang Perlu Dicoba

TANGSEL, Spot19 – Travelling merupakan kegiatan yang paling dinanti oleh setiap orang saat liburan tiba. Siapkan plan tujuan wisata, buat itinerary, siapkan budget, siapkan fisik yang baik lalu siap berangkat. Tetapi apakah sobat tahu 5 cara unik menikmati travelling berikut ini?

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Kuliner di Kota Tangerang yang Wajib Dicoba

1. Floacation

Floacation atau Cruise Ship. Gambar Instagram @niekehapsari
Floacation atau Cruise Ship. Gambar Instagram @niekehapsari

Merupakan kegiatan mengisi waktu liburan dengan cara menghabiskan waktu diatas kapal pesiar. Floacation sering disebut pula cruise ship atau live on boat. Tentunya fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap dan memadai layaknya berada di hotel bintang lima. Sobat bisa berenang diatas kapal,dan jika lelah bisa beristirahat di kamar yang fasilitasnya cukup mewah.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Pantai Masyarakat Tangerang

2. Glamping

Glamping. Gambar Instagram @rose_napit
Glamping. Gambar Instagram @rose_napit

Glamping atau Glamorous Camping adalah sebuah pilihan baru dalam hal camping atau berkemah. Jika sobat ingin merasakan sensasi camping tetapi tidak mau repot membawa peralatan lengkap dan berat, sobat bisa mencoba glamping ini. Saat glamping, sobat akan merasakan kenyamanan sesungguhnya walaupun berada di tengah hutan belantara. Tenda glamping biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kasur, selimut, listrik bahkan televisi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Coffee Shop di Ciledug Tangerang

Baca juga: 5 Rekomendasi Coffee Shop di BSD Dengan Vibes yang Asik

3. Voluntourism

Kegiatan Voluntourism. Gambar Instagram @voluntreep
Kegiatan Voluntourism. Gambar Instagram @voluntreep

Voluntourism dalam Bahasa Inggris terdiri dari dua kata, ‘volunteer’ dan ‘tourism’. Yang berarti sobat melakukan perjalanan wisata dengan tujuan melakukan kegiatan amal dan dilakukan secara sukarela. Misalnya sobat berwisata ke suatu pantai dan membersihkan semua sampah yang ada di pantai tersebut. Atau bisa juga menjadi pengajar sukarela di sebuah desa terpencil yang sobat datangi.

4. Flaspacking

Flashpacking Group. Gambar Instagram @deedeecaniago
Flashpacking Group. Gambar Instagram @deedeecaniago

Mereka yang melakukan wisata flashpacking dinamakan flashpacker. Flashpacker adalah gabungan dari turis dan backpacker. Jika turis mengutamakan kenyamanan dan menghindari kerepotan, dan backpacker yang mengutamakan pengalaman tetapi dengan pengeluaran terbatas. Seorang flashpacker mengutamakan pengalaman tetapi lebih flexibel terhadap pengeluaran atau anggaran. Termasuk soal pengaturan perjalanan, para flashpacker memiliki waktu yang juga lebih flexibel dibandingkan dengan turis yang biasanya diatur oleh agen perjalanan wisata.

5. Doom Tourism

Doom Tourism di Pulau Komodo. Gambar Instagram @vuah_mooy
Doom Tourism di Pulau Komodo. Gambar Instagram @vuah_mooy

Doom Tourism adalah sebuah kegiatan melakukan perjalanan ke berbagai tempat di belahan dunia yang terancam kepunahan. Kepunahan itu bisa terjadi karena kerusakan yang terjadi akibat global warming atau pemanasan global. Misalnya sobat berkunjung ke Pulau Komodo atau Pulau Maldives yang merupakan dataran paling rendah di dunia dan rentan terhadap kenaikan air laut. Jadi sobat sudah mencoba cara unik menikmati travelling yang mana?

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.