5 Motor Tua yang Harganya Sekarang Bisa Seharga Motor Baru

TANGSEL, Spot19 Perkembangan teknologi sepeda motor yang terus bergerak semakin modern memaksa motor-motor tua atau klasik seperti tersingkir. Tetapi ada beberapa tipe motor tua yang tetap digandrungi oleh penggemar setianya dan saat ini harganya tidak ada patokan lagi, karena transaksi hanya berdasar kecocokan penjual dan pembeli. Motor-motor tua ini semakin sulit dicari tentunya akan semakin mahal harganya, dan akan semakin membuat pemiliknya memiliki kebanggaan tersendiri. Ada setidaknya 10 motor tua yang harganya sekarang bisa seharga motor baru

Baca juga: Heboh Sapi Kurban Jumbo Raffi Ahmad 

1. Yamaha RX-King

Yamaha RX King 20th Edition / foto pribadi
Yamaha RX King 20th Edition / foto pribadi

Siapa yang tak kenal dengan raja jalanan di era tahun 80 – 90-an sampai menjelang tahun 2000an? Motor 2 tak 135cc produksi Yamaha ini terkenal dengan akselerasinya yang cepat dan harga spare part yang mrah. Juga soal perawatan sangat mudah karena bermesin 2 tak. Sebelum berevolusi menjadi RX-King di era 90-an, motor ini dulunya adalah RX-K. Memiliki saudara dekat Yamaha RX-S lalu menjadi RX-Spesial dan juga Yamaha YT115 yang sering terlihat digunakan oleh kesatuan TNI dan Polisi sebagai kendaraan dinasnya.

Saat ini RX-King sepertinya menjadi motor lokal dengan harga paling tinggi yang masih banyak dicari oleh penggemarnya. Untuk pelestari motor ini pun telah terhimpun sebuah wadah nasional yang diberi nama YRKI (Yamaha RX-King Indonesia) yang anggotanya adalah klub-klub pecinta RX-King dari seluruh Indonesia. Harga RX-King memang sulit dicek tetapi rata-rata berkisar di harga minimum 15 juta dan maksimum tergantung kesepakatan penjual dan pembeli. Bahkan terjadi transaksi Yamaha RX King 1997 yang ditukar dengan mobil Mercedes Benz CLS 350 tahun 2019 seharga Rp 1,5 Milyar.

Baca juga: Mengenal 5 Kendaraan Tradisional Asli Indonesia

2. Yamaha RX-100

Yamaha RX 100 IG @mardjukiismail
Yamaha RX 100 IG @mardjukiismail

Motor klasik lainnya dari Yamaha adalah Yamaha RX-100 yang menjadi cikal bakal Yamaha RX-King. Motor ini lahir kisaran tahun 1977 bermesin 2 tak 100cc. Merupakan anggota keluarga pertama dari RX Series. Selain RX-100 sebenarnya di waktu itu Yamaha juga melansir Yamaha RX 125 Twin di tahun 1979. Yamaha RX 100 ini terbilang cukup langka di pasaran dengan kondisi yang baik dan surat lengkap, sehingga harganya sulit diprediksi. Di beberapa situs jual beli, RX 100 ini dibanderol antara 10 – 25 juta, sekali lagi harga tergantung kondisi ya sob.

3. Honda CB 100

Honda CB 100 IG @andri_widiyanto16
Honda CB 100 IG @andri_widiyanto16

Motor klasik dari produsen Honda ini juga masih sering kita lihat wara-wiri di jalanan dengan tampilan standar ataupun sudah dimodifikasi. Atau yang paling banyak adalah penggemar yang merestorasi tunggangannya mendekati tampilan aslinya. Motor dengan mesin 4 tak ini lahir tahun 1971 dengan 3 tipe mesin yaitu bermesin 100cc, 175cc, dan 200cc. Yang paling banyak populasinya adalah CB 100. Pamor CB 100 ikut terdongkrak naik setelah ikut menjadi properti di film “Dilan”. Penggemar CB 100 terkenal dengan guyubnya atau kekeluargaannya. Honda CB 100 dengan kondisi baik bisa sobat tebus dengan harga 10 – 15 juta rupiah.

4. Honda C70

Honda C70 IG @iseniseng_store
Honda C70 IG @iseniseng_store

Selain Honda CB 100 ada juga Honda C70 yang banyak digemari karena tampilannya yang sederhana dan terkesan klasik. Motor yang memiliki sebutan Honda Pitung ini (pitungpuluh = 70, bahasa jawa-Red), bermesin 4 tak 70cc diproduksi di era tahun 70 -80-an. Banyak penggemar Honda C70 yang bahkan rela menguras isi dompet untuk menjadikan tunggangannya original sperti baru keluar dari pabrik. Bengkel-bengkel spesialis motor tua pun banyak yang kebanjiran order untuk merestorasi motor ini. Jika part yang dicari sudah tidak ada biasanya mereka akan membuat sendiri part yang dibutuhkan tadi. Siapkan dana antara Rp 5 – 15 juta jika sobat ingin memiliki Honda C70 ini dengan kondisi yang baik.

5. Yamaha DT 100

Yamaha DT 100 / foto pribadi
Yamaha DT 100 / foto pribadi

Yamaha memang terkenal dengan generasi motor 2 tak-nya. Selain RX-King, tipe lain yang juga banyak dicari adalah tipe DT 100. Sesuai namanya motor ini bermesin 2 tak 100cc dan bergenre motor trail. Yamaha DT 100 sering terlihat dalam film layar lebar yang menjadikannya begitu familiar. Motor ini telah ada sejak tahun 70-an dan saat ini sudah mulai langka yang menjadikan harga jualnya menjadi mahal. Sobat yang berminat meminang motor ini dengan kondisi baik dan surat lengkap mesti siap dengan dana kurang lebih 15 – 25 juta rupiah. Inilah 5 motor tua yang harganya sekarang bisa seharga motor baru. Mungkin sobat ada referensi lain motor tua yang akan kita bahas berikutnya?

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.