Heboh Sapi Kurban Jumbo Raffi Ahmad

TANGSEL, Spot19 Hari raya Idul Adha tahun 2022 ini dihebohkan seorang pesohor tanah air yang sudah sangat familiar di layar televisi yang membeli sapi jumbo untuk hewan kurbannya. Ya, siapa lagi jika bukan Raffi Ahmad. Sapi jumbo yang dibeli di Yogyakarta ini memiliki total berat 1,3 ton dan memiliki nama Ontoseno. Idul Adha tahun 2022 ini, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berkurban sebanyak 20 ekor sapi. Sapi Ontoseno milik Raffi Ahmad ini dikenal dengan jenis Sapi Limousin. Sebenarnya ada beberapa jenis sapi jumbo lainnya yang berukuran besar yang umum dijadikan hewan kurban di Indonesia. Yuk kita lihat satu persatu.

1. Sapi Limousin

Sapi Limousin IG @sapi_lemoo
Sapi Limousin IG @sapi_lemoo

Jenis sapi ini merupakan sapi tertua dengan banyaknya bukti gambar di gua nenek moyang Perancis. Habitat asli sapi Limousin adalah daerah yang sangat dingin. Sehingga rerumputan tidak tumbuh dengan subur. Meskipun tinggal di habitat yang cukup ekstrim, namun sapi Limousin dapat lolos dari seleksi alam dan tumbuh berkembang menjadi sapi potong dengan daging berkualitas.

2. Sapi Brahma

Sapi Brahman IG @setia_farm
Sapi Brahman IG @setia_farm

Jenis sapi potong ini berasal dari India, dan sangat terkenal dengan sebutan Brahman. Secara fisik sangat kuat dan gagah sehingga menarik perhatian peternak sapi dari Amerika untuk mengembangbiakkan sapi Brahma ini. Sapi ini dikenal memiliki daya tahan nomor satu di dunia.

3. Sapi Beefalo

Sapi Beefalo IG @crittercreekfarmsanctuary
Sapi Beefalo IG @crittercreekfarmsanctuary

Sapi Beefalo merupakan sapi hasil persilangan antara sapi Cattalo yang merupakan sapi lokal Amerika dengan jenis bison Amerika yang terkenal karena bentuk tubuhnya yang besar. Dari hasil kawin silang tersebut, terciptalah sapi Beefalo yang juga berukuran besar. Memiliki ciri berpunuk besar dan berkulit longgar, gelambir dibawah leher sampi ke perut berukuran lebar dan banyak lipatan. Telinganya panjang menggantung dan berujung lancip.

4. Sapi Angus

Sapi Angus IG @laplumadefirpo
Sapi Angus IG @laplumadefirpo

Sapi Angus berasal dari Skotlandia juga tidak kalah bersaing dengan jenis sapi potong lainnya. Memiliki ciri tubuh yaitu kulitnya yang berwarna hitam dengan tubuh yang besar dan berat yang memukau. Jenis sapi potong ini memiliki kualitas daging yang baik dan juga daya tahan tubuh yang tidak jauh berbeda dengan sapi Brahma.

5. Sapi Brangus

Sapi Brangus IG @sumber_lembu_farm
Sapi Brangus IG @sumber_lembu_farm

Sapi Brangus adalah hasil persilangan dari Sapi Brahma dan Sapi Angus, sehingga memiliki ciri dari kedua sapi unggulan tersebut diatas. Jenis ini memiliki daya tahan tubuh yang baik yang membuat mereka jarang sekali terserang penyakit ataupun virus.

6. Sapi Hereford

Sapi Hereford IG @gemahripah.lohjinawi
Sapi Hereford IG @gemahripah.lohjinawi

Sapi ini memiliki ciri khas mukanya putih dan berasal dari negara Inggris dan dinamakan sesuai dengan daerah asalnya Hereford, Inggris. Sapi yang terkenal dengan sebutan White Face Cattle karena wajahnya yang putih biasanya digembalakan di padang rumput yang luas. Memiliki ciri lain postur tubuh rendah dengan kakinya yang pendek, memiliki daging yang halus dan padat. Sapi jantannya bisa mencapai bobot 900 kg, dan idealnya dipotong saat usia 18 bulan – 2,5 tahun.

7. Sapi Braford

Sapi Braford IG @gemahripah.lohjinawi
Sapi Braford IG @gemahripah.lohjinawi

Merupakan hasil persilangan dari sapi Brahma dan Hereford, sehingga memiliki keunggulan yang menurun dari kedua induknya. Sapi Braford awalnya diternak di Amerika di daerah Florida yang dikenal memiliki iklim yang panas.

8. Sapi Madura

Sapi Madura IG @sapi_qurban_surabaya
Sapi Madura IG @sapi_qurban_surabaya

Sapi ras Indonesia asli ini memeng berasal dari pulau Madura. Merupakan jenis sapi persilangan antara Banteng dengan sapi Zebu. Memiliki ciri bentuk tubuh kecil, kaki pendek dan kuat, bentuk tanduk pendek beragam, warna tubuh merah bata agak kekuningan. Panjang badan mirip sapi Bali tetapi dengan punuk berukuran kecil.

9. Sapi Bali

Sapi Bali IG @rhanafarm_bogor
Sapi Bali IG @rhanafarm_bogor

Sapi Bali memiliki ciri khas kakinya yang berwarna putih. Berasal dari habitat liar sehingga terkenal memiliki tenaga yang besar dan badan yang kuat. Selain di manfaatkan sebagai sapi potong, sapi Bali juga digunakan sebagai sapi pekerja untuk membajak sawah. Sapi ini memiliki ciri berpunuk, berwarna putih di pantat, bagian bawah perut dan kaki bagian bawah. Demikianlah jenis sapi jumbo yang banyak dikenal di dunia dan seringkali dijadikan hewan kurban.

 

**Editor: Ed Ward

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *