Wajib Diperhatikan! 5 Dampak Negatif Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Tubuh

Wajib Diperhatikan! 5 Dampak Negatif Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Tubuh
Ilustrasi: Sakit / @cottonbro – pexels.com

Tangsel, Spot19 – Keringat yang keluar di sekujur tubuh saat berolahraga sangatlah baik untuk tubuh api. Namun, keringat yang keluar terlalu banyak pun juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Sama halnya dengan melakukan aktivitas fisik, jangan sampai berlebihan dan tidak sama sekali. Jika anda malas untuk berolahraga, inilah 5 dampak negatif akibat tidak menjaga kesehatan tubuh yang akan terjadi pada tubuh:

Baca juga: Ketahuilah Ayat Al-Qur’an Tentang Menjaga Kesehatan Tubuh Adalah Hal Yang Penting!

Menyebabkan Sakit Batu Ginjal

Dengan berkeringat, semua racun yang mengendap di dalam tubuh pun akan keluar. Jika tidak berkeringat, maka racun – racun tersebut akan terus mengendap di dalam tubuh dan akan memicu penyakit batu ginjal. Hal ini tentunya sangat membahayakan sebagian orang yang malas untuk berolahraga. Terlebih lagi, jika setiap hari berada di ruangan AC yang kemungkinannya kecil untuk berkeringat.

Menurunnya Sistem Metabolisme Tubuh

Akibat tidak menjaga kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah berkurangnya sistem metabolisme pada tubuh. Keringat berfungsi untuk menyebarkan antibiotik ke seluruh tubuh sebagai penangkal dari serangan berbagai penyakit. Jika tubuh anda tidak berkeringat, maka antibiotik di dalam tubuh juga tidak akan bekerja dengan baik. Berkurangnya sistem metabolisme tubuh juga dapat membuat tubuh rentan terserang penyakit dan mudah bertambahnya berat badan.

Baca juga: Ini Dia Contoh Sikap Bersyukur dalam Menjaga Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Tahu

Naiknya Tekanan Darah

Kurangnya melakukan aktivitas dan berkeringat akan membuat natrium di dalam tubuh menjadi bertambah, sehingga dapat memicu naiknya tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi juga akan membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit lainnya, seperti jantung, stroke, dan batu ginjal. Oleh karena itu, usahakanlah setiap harinya anda melakukan aktivitas yang dapat mengeluarkan keringat, ya.

Luka Sulit Sembuh

Kelenjar ekrin sangatlah penting bagi tubuh untuk mendinginkan sel – sel aktif dan baik untuk proses penyembuhan luka. Namun, kelenjar ekrin ini akan aktif jika tubuh mengeluarkan keringat. Jadi, jangan heran jika sebagian orang yang malas berolahraga dan jarang berkeringat, seringkali memiliki luka yang sulit kering dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Berat Badan yang Berlebih

Lebihnya berat badan ataupun obesitas juga termasuk salah satu dampak yang disebabkan oleh kurangnya olahraga. Jika seseorang malas bergerak, maka lemak – lemak di dalam tubuh akan menumpuk secara berlebihan, sehingga dapat menambah berat badan secara drastis. Pentingnya berolahraga yaitu untuk membuang kalori serta tumpukan lemak agar berat badan menjadi lebih terkontrol.

Baca juga: Perlu Diketahui, Inilah 7 Manfaat Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh!

Nah, itu dia penjelasan mengenai dampak negatif akibat tidak menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, berolahraga juga termasuk salah satu tips menjaga imun agar aman selama Liburan Akhir Tahun & Tahun Baru 2022, lho. Yuk, lawan malasmu untuk rajin berolahraga! Jangan sampai menyesal di kemudian hari, ya. Semoga bermanfaat untuk kesehatan anda!

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.