Cara Memilih Taman Kanak – Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terbaik

Cara Memilih Taman Kanak - Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terbaik
Ilustrasi: Tamana Kanak-Kanak / @Pavel Danilyuk – pexels.com

Tangsel, Spot19 – Sekolah merupakan pendidikan formal yang wajib ditempuh oleh seorang anak, umumnya para orang tua akan merasa kebingungan jika memilih pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak terbaik untuk anak. Hal ini pastinya sangat wajar terjadi karena setiap orangtua menginginkan pendidikan yang paling terbaik untuk anaknya.

Sekarang ini sudah banyak taman kanak-kanak terpopuler di Jakarta yang memiliki kualitas terbaik, selain itu pendidikan pra-sekolah sangat penting bagi anak agar bisa menunjang pendidikan anak ke tahap berikutnya.

Cara Memilih Pendidikan Terbaik Untuk Anak Usia Dini Berkualitas Untuk Anak

Supaya orangtua tidak merasakan kebingungan ketika memilih 10 tempat pendidikan anak usia Dini terbaik di Jakarta maupun di kota-kota besar lainnya perhatikan beberapa cara berikut ini agar nantinya tidak salah dalam memilih untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak.

Baca juga: 9 Kampus Dengan Jurusan Game Di Indonesia

Metode beserta program sekolah harus menyesuaikan dengan kemampuan anak

Pertama untuk memilih pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak terbaik bagi anak penting sekali untuk memperhatikan program beserta beban pelajaran yang nantinya akan diberikan kepada anak. Program tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik anak dan juga kemampuannya.

Jauh lebih baik ketika memilih sekolah yang menekankan pada proses pembelajaran dan tidak hanya terpaku pada nilai semata maupun hasil akhir dari proses pembelajaran tersebut. Jadi anak tidak hanya dituntut untuk belajar di luar dari kemampuan yang dimilikinya, akan tetapi diberikan dorong supaya nantinya lebih bangga dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga proses dalam belajar akan lebih terasa menyenangkan.

Perhatikan kurikulum yang ada di sekolah supaya anak lebih mudah dalam mencerna pembelajaran

Setiap 10 tempat pendidikan anak usia dini terbaik di Tangsel pastinya akan mempunyai kurikulum yang sangat berbeda-beda. Pastinya akan ada yang memberlakukan kurikulum nasional sampai kurikulum bertaraf internasional. Selain itu akan ada sekolah taman kanak-kanak Islam terpopuler di Tangsel yang menerapkan unsur keagamaan di kurikulumnya.

Ada juga kurikulum yang menerapkan pengantarannya dalam Bahasa Indonesia, tetapi tidak jarang yang sekolah yang menggunakan Bahasa Inggris maupun bahasa Arab. Saat ini banyak juga sekolah yang menggunakan dua bahasa. Cara terbaik untuk memilih sekolah anak adalah memilih dengan kurikulum menyesuaikan dengan tujuan orangtua kepada anak nantinya.

Melakukan survey terlebih dahulu

Jika sudah ada beberapa sekolah taman kanak-kanak Islam terpopuler di Jabodetabek yang dijadikan pilihan, maka segera lakukan survey secara langsung di sekolah yang sudah menjadi pilihan itu. Pertama bisa mencari tahu lebih dahulu program apa saja yang akan diberikan kepada anak nantinya, selanjutnya menyesuaikan dengan kemampuan dan juga minat anak dan putuskan mana yang paling terbaik.

Tahap berikutnya cari tahu fasilitas yang ada di sekolah tersebut, seperti kamar mandi, ruang bermain, kantin maupun fasilitas untuk antar jemput anak. Pertimbangan juga sekolah yang mungkin keluarga maupun kerabat rekomendasikan.

Biaya Sekolah

Sekolah yang memiliki biaya mahal belum tentu juga akan memberikan kualitas yang bagus terutama dalam segi pendidikannya. Hal ini juga berlaku untuk sebaliknya sekolah dengan harga murah tidak jarang juga memiliki kualitas pendidikan yang baik. Jika memiliki 10 tempat pendidikan anak usia dini dengan harga terjangkau di Jakarta bandingkan dari segi biaya sekolah beserta kurikulum, program dan fasilitas yang nantinya akan di dapatkan. Pilih sekolah yang sudah memenuhi syarat penerimaan dan juga biaya yang masuk akal dan pastikan juga untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh orangtua.

Perhatikan kualitas dari pengajarnya

Sebelum merencanakan pendidikan anak usia dini bagi anak, akan lebih baik jika mencari tahu terlebih dahulu kualitas guru yang dimiliki oleh sekolah tersebut. Telusuri pendidikan terakhir dari guru, sabar dalam menghadapi anak-anak, dan pengalaman kerja yang sudah dimilikinya. Lumayan terlihat sulit tetapi ini harus dilakukan karena kita akan menitipkan anak kepada guru tersebut nantinya. Jangan sampai salah memilih guru yang akan mengajarkan anak-anak kita nantinya.

Baca juga: Hobi Bermain Game Baik Atau Buruk?

Kenali Perbedaan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak – kanak (TK)

Pendidikan anak usia dini (PAUD) sebenarnya tidak kalah penting dengan pendidikan anak dalam keluarga. Inilah yang membuat pendidikan PAUD ini sering disalah artikan sebagai institusi pendidikan formal sebelum anak akan masuk ke taman kanak-kanak. Pada hal PAUD ini memiliki arti yang jauh lebih luas dibandingkan itu.

Oleh sebab orangtua sering kesulitan ketika akan menyekolahkan anaknya untuk pertama kali, apalagi mencarikan pendidikan di masa pandemi seperti ini. Agar nantinya tidak salah dan semakin kebingungan, maka bisa mencermati penjelasan yang ada di bawah ini.

Taman Kanak – kanak

Jika kamu memiliki anak yang masih di usia 4 – 6 tahun, maka bisa untuk memasukkan anak ke sekolah taman kanak-kanak. Sangat penting sekali untuk bisa memahami perbedaan dari PAUD dan TK, sekolah TK ini merupakan jalur dalam pendidikan sekolah formal yang menjadi bagian dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Bagi anak-anak yang masuk ke sekolah TK sudah dapat diajarkan untuk beberapa kemampuan yang dasar untuk dijadikan bekalnya nanti ke sekolah yang jauh lebih tinggi. Kemampuan di sini meliputi membaca, menulis, dan berhitung dengan menggunakan cara yang menyenangkan dan tidak membuat anak stres.

Setiap TK pastinya akan memiliki sistem pembelajarannya masing-masing, tetapi jika disimpulkan secara garis besar yang akan diajarkan adalah :

  • Anak tahu tentang konsep matematika dasar, misalnya pengurangan dan penambahan.
  • Mengasah kemampuan sosialisasi anak.
  • Anak mampu membaca buku cerita secara mandiri, walaupun masih terbatas.
  • Ada beberapa TK yang akan membekali anak dengan skill seperti melakukan gerakan olahraga tertentu, musik, dan ibadah berdasarkan agama yang dianut.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Anak yang berusia 0 – 6 tahun bisa untuk mengikuti PAUD yang mana pendidikan satu ini bisa dijadikan pondasi awal untuk kepribadian anak. Tujuan dari PAUD ini adalah menyiapkan anak memasuki SD. Walaupun seperti itu materi paling dasar yang akan diajarkan ketika berada di PAUD bukan tentang belajar menulis, membaca, maupun berhitung tetapi menanamkan ilmu jasmani dan rohani.

Hingga nantinya anak akan jauh lebih baik mandiri dan mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya pada masa golden age. Selain itu guru untuk pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak terbaik harus bisa lebih paham dengan karakteristik anak usia dini sehingga bisa menaruh harapan beserta menuntut yang realistis kepada anak.

Selama memahami hal yang satu ini stimulasi dan bimbingan untuk anak nantinya akan lebih tepat sasaran sehingga kelak anak bisa tumbuh dan mengalami perkembangan yang sangat baik. Hal tersebut juga akan lebih memudahkan untuk mencari potensi yang dimiliki anak dan membuat anak jauh lebih terasah sehingga perkembangannya akan lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *