5 Macam Perguruan Tinggi Yang Ada di Indonesia

TANGSEL, Spot19 Sobat yang akan lulus dari SMU atau SMK nantinya akan melanjutkan pendidikan kemana? Tahukah ada berapa jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia? Secara umum di Indonesia ini ada beberapa jenis perguruan tinggi, diantaranya Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi. Lalu apa saja perbedaan dari masing-masing perguruan tinggi ini?

Baca juga: Yuk.. Kenalan Dengan Cabang Ilmu Geoteknik

1. Universitas

Salah satu universitas kebanggaan Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI). Source ammar-andiko-@unsplash
Salah satu universitas kebanggaan Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI). Source [email protected]

Universitas merupakan perguruan tinggi yang terdiri dari beberapa fakultas dan banyak bidang seperti ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya, universitas menyediakan lebih banyak pilihan jurusan yang dapat sobat pilih nantinya. Beberapa universitas bisa juga mengadakan 2 jenis pendidikan, yaitu akademik (S1, S2, S3) dan vokasi (D1, D2, D3, D4).

Baca juga: Rekomendasi Universitas Swasta Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

2. Institut

Kampus IPB Dramaga. Source @ipb.ac.id
Kampus IPB Dramaga. Source @ipb.ac.id

Hampir sama dengan Universitas, di Institut ini juga menyelenggarakan pendidikan dengan jenis akademik dan vokasi. Perbedaannya berada pada penyelenggaraan fakultasnya. Di institut, fakultasnya biasanya berasal dari satu jenis bidang keilmuan yang spesifik. Contohnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS) atau Institut Pertanian Bogor (IPB) yang hanya mengarah pada bidang teknologi dan rumpun ilmu alam. Sehingga, fakultas yang ada di sana hanya berkaitan dengan teknologi dan ilmu alam.

Baca juga: 9 Kampus Dengan Jurusan Game di Indonesia

3. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Source pribadi
Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Source pribadi

Sekolah Tinggi merupakan perguruan tinggi yang haya memiliki satu jenis bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ataupun seni. Pendidikan di Sekolah Tinggi dapat berupa akademik ataupun vokasi. Bidang kajian pada Sekolah Tinggi lebih spesifik jika dibanding dengan Institut. Contohnya adalah Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG). Banyak Sekolah Tinggi ini yang statusnya adalah negeri dan mahasiswanya kelak akan langsung penempatan kerja dengan status ikatan dinas.

4. Politeknik

Politeknik Negeri Jember. Source @Flickr
Politeknik Negeri Jember. Source @Flickr

Berbeda dengan universitas, institut, dan sekolah tinggi, di politeknik hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi. Meski bidang peminatannya beraneka ragam, namun lulusannya hanya akan mendapat gelar D1, D2, D3, atau maksimal D4. Politeknik lebih mempersiapkan lulusannya untuk dapat mempraktikkan ilmu dan kemampuannya dalam bidang yang dipelajarinya.

5. Akademi

Mahasiswa Akpar Jogja sedang praktikum. Source IG @akpar_jogja
Mahasiswa Akpar Jogja sedang praktikum. Source IG @akpar_jogja

Sama seperti politeknik, di akademi pun hanya memiliki jenis pendidikan vokasi. Hanya saja, di akademi cakupan bidang Pendidikan lebih spesifik. Hanya ada satu cabang ilmu yang diadakan oleh sebuah akademi. Pendidikan tersebut bisa berupa ilmu pengetahuan, teknologi, ataupun seni. Contoh akademi antara lain Akademi Keperawatan, Akademi Kepolisian, Akademi Pariwisata, dan lain sebagainya. Inilah 5 macam perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Jadi sobat tertarik untuk kuliah dimana?

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.