Yuk.. Kenalan Dengan Cabang Ilmu Geoteknik

TANGSEL, Spot19 Sobat ada yang tahu ngga nih cabang ilmu geoteknik itu apa saja ya? Ilmu Geoteknik itu berkaitan dengan apa saja ya? Ilmu geoteknik sendiri adalah ilmu yang mempelajari dan berhubungan dengan infrastruktur bangunan agar dapat berdiri kuat dan kokoh. Berikut adalah cabang dari ilmu geoteknik yang mungkin perlu sobat ketahui.

Baca juga: Rekomendasi Universitas Swasta Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

1. Mekanika Tanah

Struktur tanah. Source IG @pertambangann
Struktur tanah. Source IG @pertambangann

Mekanika tanah merupakan bagian dari geoteknik dan salah satu cabang dari ilmu teknik sipil. Bidang ilmu teknik ini khusus mempelajari tentang perilaku tanah berikut sifat-sifatnya. Hal yang bisa diakibatkan oleh tegangan dan regangan yang disebabkan oleh gaya yang terjadi pada tanah itu sendiri. Pada dasarnya mekanika tanah ini mempelajari tentang tanah dan propertinya yang berhubungan dengan tujuan konstruksi.

Baca juga: Berburu Beasiswa S1 dan S2 di Australian National University

2. Mekanika Batuan

Ilustrasi berbagai bebatuan. Source IG @rendhophotography
Ilustrasi berbagai bebatuan. Source IG @rendhophotography

Mekanika batuan merupakan ilmu teoritis dan juga ilmu terapan dari perilaku mekanik batuan dan massanya. Disini akan dibahas sifat fisik, sifat mekanik, daya dukung, stabilitas batuan terhadap gaya atau beban yang berkerja padanya. Yang nantinya semua hal ini akan diaplikasikan dalam geologi teknik serta pertambangan.

3. Teknik Fondasi

Pondasi menjadi bagian vital dalam konstruksi bangunan. Source IG @sipil_arsitek
Pondasi menjadi bagian vital dalam konstruksi bangunan. Source IG @sipil_arsitek

Teknik fondasi atau rekayasa pondasi adalah sebuah cabang ilmu geoteknik yang mempelajari tentang pondasi. Mulai dari struktur, bentuk dan lain sebagainya. Pondasi merupakan bagian penting dari struktur bangunan. Yang akan dipelajari disini adalah berbagai jenis pondasi, penggunaan, perancangan, dan analisisnya. Sebuah bangunan tidak dapat begitu saja didirikan langsung diatas permukaan tanah, karena ia membutuhkan pondasi

4. Struktur Bawah Tanah dan Batuan

Para pekerja dalam pertambangan bawah tanah. Source IG @pertambangann
Para pekerja dalam pertambangan bawah tanah. Source IG @pertambangann

Ilmu struktur bawah tanah adalah hal yang sangat diperlukan saat membuat bendungan, terowongan atau underground space. Merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Fungsinya adalah menjaga keseimbangan dan memikul beban diatasnya. Perencanaan struktur bawah tanah suatu bangunan harus direncanakan dengan teliti, baik dan benar. Kesalahan dalam perhitungan struktur bawah tanah akan menyebabkan bangunan yang kokoh pada struktur atas menjadi runtuh dan berakibat fatal.

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published.