Mau Kuliah Sastra? Inilah Jurusan Sastra Terlangka di Indonesia

TANGSEL, Spot19 Ada begitu banyak jurusan sastra yang ditawarkan oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Bukan hanya mengenai satra bahasa asing, melainkan juga program studi bahasa daerah yang bisa sobat jumpai di beberapa kampus. Nah, berkaitan dengan banyaknya pilihan jurusan sastra ini, ada baiknya sobat mengetahui jurusan sastra apa yang langka di Indonesia. Karena semakin langka, berarti lulusan dari jurusan ini hanya memiliki sedikit rival untuk bersaing mengisi peluang kerja terhadap kebutuhan akan jurusan tersebut.

Baca juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Berikut Panduannya

Berikut ini adalah jurusan sastra terlangka di Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Sastra Belanda

Sastra Belanda merupakan jurusan yang hanya ada di Indonesia diantara negara-negara ASEAN lainnya. Para mahasiswa yang diterima di jurusan Sastra Belanda akan mempelajari bukan hanya bahasa, tetapi juga kebudayaan Belanda. Mereka akan belajar tentang sejarah, tata bahasa, komposisi, pemahaman teks, kesusastraan Belanda, hingga tradisi masyarakatnya.

Peluang kerja lulusan Sastra Belanda adalah mengisi posisi di lembaga-lembaga internasional Kementrian Luar Negeri dan kedutaan besar. Bisa juga bekerja di sektor pariwisata, media massa, keimigrasian, serta lembaga lain yang membutuhkan seorang ahli bahasa dan budaya. Saat ini hanya Universitas Indonesia yang membuka jurusan Sastra Belanda ini.

Baca juga: 5 Macam Perguruan Tinggi Yang Ada di Indonesia

2. Sastra Rusia

Program studi Sastra Rusia ini merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Jurusan ini akan mendidik mahasiswa untuk dapat menjadi terampil, komunikatif, dan profesional dalam berkomunikasi dalam bahasa Rusia. Tentunya bahasa Rusia yang sesuai standar pemahaman wawasan bahasa dan kebudayaan Rusia. Selain itu, para mahasiswa jurusan ini juga dituntut mampu memahami, mempunyai kemampuan membaca dan menganalisa literatur berbahasa Rusia.

Kriteria yang tepat untuk mereka yang ingin berkuliah di jurusan Sastra Rusia ini adalah mereka yang tekun, rasional, independen, terstruktur, dan berwawasan luas. Lulusan Sastra Rusia berkesempatan bekerja di Kedutaan Besar Rusia, menjadi penerjemah, penulis, ahli bahasa, atau pengajar bahasa asing. Jurusan Sastra Rusia dapat sobat temukan di Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran.

Baca juga: 9 Kampus Dengan Jurusan Game di Indonesia

3. Sastra Sunda

Program studi Sastra Sunda awalnya merupakan bagian dari Fakultas Sastra pada tahun 1958 di Universitas Padjajaran. Para mahasiswa akan mempelajari tentang bahasa, sastra, dan juga filologi yang bermutu dari bahasa Sunda. Dan juga akan diberikan materi jurnalistik, penyiaran, pemandu wisata budaya berbasis bahasa Sunda. Termasuk beragam budaya Sunda seperti karawitan, tari dan seni suara Sunda hingga kuliner khas Sunda akan dipelajari oleh prodi ini. Gelar yang nantinya akan diperoleh mereka yang lulus dari prodi ini adalah Sarjan Humaniora (S.Hum). Saat ini prodi Sastra Sunda dapat sobat pilih di Universitas Padjajaran dan Universitas Pendidikan Indonesia yang keduanya berada di kota Bandung.

4. Sastra Bali

Prodi Sastra Bali berdiri sejak tahun 1958 bersamaan waktunya dengan peresmian dibukanya Fakultas Sastra dan Budaya di Universitas Udayana. Nantinya para mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar ilmu bahasa, aksara, dan juga sastra Bali. Diharapkan para lulusan prodi Sastra Bali ini akan dapat mempertahankan budaya Bali terutama di bidang Sastra Bali. Lulusan dari jurusan Sastra Bali ini dapat bekerja di berbagai sektor, seperti di sektor pariwisata atau di bidang pemerintahan, dan juga menjadi pengajar atau guru. Prodi Sastra Bali ini hanya ada di Universitas Udayana di kota Bali.

5. Sastra Jawa

Prodi Sastra Jawa ini awal berdirinya di Universitas Gajah Mada bernama Sastra Nusantara, dan sejak tahun 2017 berubah menjadi prodi Sastra Jawa. Di prodi Sastra Jawa ini mahasiswa akan mempelajari linguistik, bahasa, karya sastra, dan kebudayaan terutama budaya Jawa. Para mahasiswa akan dihadapkan dengan beragam naskah jawa kuno dengan berbagai topik bahasan. Jika sobat memiliki minat besar tentang kebudayaan Jawa, maka masuk ke prodi Sastra Jawa ini adalah pilihan yang tepat. Lulusan dari prodi ini nantinya dapat bekerja sebagai penerjemah, jurnalis, penulis, ahli bahasa, guru atau dosen dan juga pemandu wisata. Universitas Gajah Mada dan Universitas Negeri Semarang menyediakan prodi Sastra Jawa ini.

6. Sastra Batak

Suku Batak merupakan salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia yang berada di Sumatera Utara. Dan tercatat ada sebelas sub suku, yaitu Karo, Toba, Papa, Simalungun, Angkola, Dairi, Mandailing, Gayo, Nias, Alas, dan Kluet. Nah, karena begitu beragamnya sub suku Batak ini, pada prodi Sastra Batak ada beberapa bahasa sub suku tersebut dijadikan mata kuliah. Satu-satunya universitas yang menyelenggarakan program studi Sastra Batak adalah Universitas Sumatera Utara (USU).

7. Sastra Melayu

Program studi Sastra Melayu adalah jurusan yang mempelajari bahasa, sastra, dan kebudayaan Melayu dan juga bidang lainnya. Termasuk didalamnya akan dipelajari mengenai sejarah, dokumentasi, kearsipan dan koleksi naskah-naskah Melayu zaman dahulu. Lulusan dari prodi ini dapat bekerja sebagai wartawan, peneliti bidang sosial budaya, dan nantinya dapat menjadi pemandu  wisata. Prodi Sastra Melayu dapat sobat jumpai di Universitas Sumatera, dan juga Universitas Lancang Kuning – Pekanbaru.

8. Sastra Bugis Makassar

Prodi Sastra Bugis Makassar didirikan tahun 1985 di Universitas Hasanuddin yang merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya. Pengayaan materi kuliah melalui pengkajian dan penelitan bahasa, sastra dan budaya asli perlu dikembangkan secara intelektual dan profesional. Buat sobat yang ingin melestarikan budaya berbagai etnik yang ada di Sulawesi Selatan sangat cocok untuk masuk ke prodi ini.

9. Sastra Minangkabau (Universitas Andalas)

Sesuai namanya, di prodi Sastra Minangkabau sobat akan mempelajari budaya, sastra dan bahasa daerah Sumatera Barat secara komprehensif. Berbagai pelajaran akan sobat dapatkan, selain tentunya bahasa Minangkabau, sastra Minangkabau juga menarik untuk di eksplorasi. Penelitian mengenai budaya, corak dan dinamika kehidupan masyarakat Minangkabau dari zaman dahulu hingga saat ini. Ketika lulus dari prodi Sastra Minangkabau ini, sobat akan mendapatkan gelar Sarjana Sastra atau (S.S). Saat ini jurusan Sastra Minangkabau hanya ada di Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat. Nah inilah jurusan sastra terlangka di Indonesia yang bisa sobat pilih jika memiliki minat untuk masuk ke jurusan Sastra saat kuliah nanti.

 

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *