Hobi Bermain Game Baik Atau Buruk?

Game Development / @Flickr
Game Development / @Flickr

TANGSEL, Spot19 – Bermain game merupakan hobi yang sering kita lihat dalam keseharian beberapa orang yang tujuannya adalah mengisi waktu luang dan menghilangan kejenuhan.

Biasanya seseorang menggunakan smartphone atau PC untuk bermain game. Game ini ada yang bisa dimainkan perorangan dan ada juga yang berkelompok atau team.

Jadi bermain game itu baik atau buruk? Yuk kita ulas sisi positif dan negatifnya sobat.

Baca juga: 7 Ragam Profesi Baru di Era Digital

Sisi Negatif

Terlalu sering bermain game tentu akan menimbulkan pengaruh negatif karena dapat membuat seseorang menjadi atau kecanduan atau gaming disorder.

Kondisi ini akan menyebabkan perubahan struktural dan fungsional sistem saraf manusia dan akan menggangu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Berapa Sih Penghasilan Digital Copywriter?

Sisi Positif

Tetapi selain menimbulkan efek negatif pada diri seseorang, bermain game juga dapat menimbulkan hal yang positif.

Contohnya seseorang akan cenderung bersifat optimis, juga melatih kreativitas, dan melatih kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu masalah.

Bermain game dengan batasan tertentu juga pastinya akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru dan juga dapat menghasilkan uang.

Bagaimana caranya game bisa dijadikan peluang untuk dapat menghasilkan uang?

Kalau sobat sudah memiliki minat dan skill, sobat juga harus berkomitmen serius mencari ilmu agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Prospek atau peluang yang bisa sobat kembangkan dari game ini adalah menjadi seorang Game Development.

Game Development adalah profesi seseorang yang pekerjaannya menciptakan sekaligus mengembangkan video game.

Detail pekerjaannya meliputi pembuatan sebuah video game, audio game, visualisasi game, dan desain grafis game itu sendiri.

Seseorang yang berkutat pada profesi ini dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan atau skill khusus dalam bekerja.

Lalu bicara tentang gaji atau penghasilan yang bisa diperoleh seorang game development, berkisar Rp 4-5 juta (fresh graduate), dan bisa mencapai Rp 15-40 juta untuk mereka yang sudah berpengalaman.

Ternyata wow juga ya gajinya seorang web development.

Sobat yang ingin berkecimpung di dunia kerja web development bisa memperdalam ilmu dan mengasah skill yang di universitas atau perguruan tinggi.

Sobat bisa mencari universitas yang terdapat jurusan Computer Science dan memilih program studi streaming game technology.

Jadi sekarang sobat jangan bingung untuk memperdalam hobi bermain game sekaligus mengasah skill untuk menjadi seorang game development, sebuah pekerjaan yang cukup menantang di era saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *