Ganti Minyak Rem Motor Sendiri di Rumah, Siapa Takut?

TANGSEL, Spot19 – Siapa tak kenal dengan yang namanya rem di sepeda motor? Rem mempunyai fungsi yang vital, pertama untuk menghentikan laju motor, yang kedua adalah mengontrol dan memperlambat kecepatan motor.

Rem terbagi 2 jenis berdasarkan cara kerjanya yaitu rem tromol dan rem cakram (disc brake), kali ini kita akan membahas tentang rem cakram.

Pada rem cakram terdapat sepatu rem/kampas rem/brake pad yang tugasnya menjepit cakram/disc brake saat handle rem kita tarik atau tuas rem belakang kita tekan (jika rem belakang menggunakan disc brake).

Motor dengan disc brake / Yamaha
Motor dengan disc brake / Yamaha

Kerja rem cakram ini bisa maksimal jika ditunjang oleh minyak rem yang baik. Minyak rem ditempatkan pada master rem yang posisinya dekat setang (untuk rem depan). Minyak rem ini sering diabaikan karena dianggap jika tidak bocor atau berkurang tidak perlu diganti.

Padahal jika menurut buku petunjuk pemilik kendaraan, minyak rem ini harus diganti secara berkala karena di dalam minyak rem ini terdapat zat aditif yang memiliki masa kadaluwarsa.

Sesuai standar pabrik, minyak rem ini harus di ganti periodik setelah 2 tahun atau 24.000 km. Dan jika waktu pemakaian belum 2 tahun tetapi jarak sudah menempuh 24.000 km, maka minyak rem tetap wajib diganti.

Apakah sulit untuk mengganti minyak rem sendiri di rumah? Sebenarnya tidak, Kang Motor Channel akan menjelaskan detail langkah-langkah penggantian minyak rem ini yang bisa sobat lakukan sendiri di rumah.

https://youtu.be/LE9cqenKVyY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *