17 Tips Sehat Tanpa Harus Diet Ketat

TANGSEL, Spot19 – Mungkin kita tidak bercita-cita punya tubuh yang sempurna dengan menjalankan pola makan sehat, tetapi tidak sembarangan juga dalam hal diet.

Mulailah makan sebanyak mungkin makanan mentah, alami, dan segar.

Makanan sehat / pexels-wendy-wei-1656666
Ilustrasi makanan sehat segar alami / pexels-wendy-wei-1656666

Makanlah ketika lapar, pilihlah makanan yang seharusnya kita makan, bukan yang ingin kita makan.

Niscaya bentuk tubuh yang kita inginkan akan tercapai.

Selanjutnya kita simak kiat-kiat 17 tips sehat tanpa harus diet ketat berikut ini:

  1. Akui jumlah makanan yang masuk ke perut kita

Jujur pada diri sendiri berapa jumlah makanan yang kita santap. Tidak perlu berbohong,”Saya makan hanya sedikit kok”. Ingat peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

  1. Berhenti diet asal-asalan

Diet ketat yang dijalankan tidak teratur bisa membahayakan kesehatan sendiri, misalnya bisa menyebabkan serangan jantung atau diabetes.

Dietasal-asalan akan menyebabkan menurunnya metabolisme tubuh, meningkatkan keinginan makan makanan berminyak dan otot yang semula kencang akan mengendur.

  1. Tingkatkan rasa percaya diri

Penelitian membuktikan bahwa orang yang tidak terlalu memusingkan soal bentuk tubuh yang ‘ideal’, biasanya merasa lebih bahagia dan percaya diri.

Baca Juga: Tahukah Anda Jika selama Ini Salah Dalam Memakan Buah-Buahan

 

  1. Tanamkan niat yang kuat dalam diri sendiri

Kritik membangun pada diri sendiri akan menguatkan tekad. Katakan pada diri sendiri “Sampai kapan mau begini terus?”

  1. Semua ikut berperan

Jangan pernah mengatakan “Masa bodoh, dasarnya saya memang gemuk ya sudahlah!”. Segalanya ikut berperan, baik itu cara dan pola makan juga olahraga.

  1. Makan coklat boleh saja

Makan coklat tidak berakibat buruk terhadap diet Anda selama bisa terkontrol. Coklat itu mengandung zat besi (pencegah keletihan), kalsium (memperkuat tulang), dan magnesium (mengatasi gejala prahaid).

Sepotong coklat / pexels-vie-studio-6167333
Sepotong coklat / pexels-vie-studio-6167333
  1. Sarapan setiap pagi

Tubuh kita butuh bahan bakar di pagi hari. Penelitian membuktikan orang-orang yang tidak sarapan pagi akan mengalami kesulitan memusatkan pikiran.

  1. Mengkonsumsi protein setiap hari

Demi pembentukan tulang, gigi, kuku dan rambut yang sehat, minimal 25% makanan yang kita makan harus mengandung protein.

Diet yang cukup protein dapat mengendalikan nafsu makan dan merangsang hormon glukagon yang bertugas membakar lemak di dalam tubuh.

  1. Menyantap karbohidrat setiap hari

Karbohirat terbagi dua yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Pakar nutrisi menyarankan agar kita menyantap kedua jenis karbohidrat ini.

Sepertiga bagian karbohidrat kompleks yang terdapat dalam sayuran dan padi-padian murni, dan porsi yang lebih sedikit adalah karbohidrat sederhana, yaitu kentang, nasi, atau pasta.

Pasta / pexels-oleg-magni-2386650
Pasta / pexels-oleg-magni-2386650
  1. Konsumsi lemak setiap hari

Tidak semua lemak itu  berbahaya, contohnya lemak tak jenuh Omega 3 dan 6 yang terdapat dalam minyak ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Mengemil

Camilan apa yang aman? Jika masih pagi boleh saja kita memilih makanan yang manis. Akan lebih baik memilih buah, keju, atau kacang-kacangan.

  1. Tertib menentukan besaran porsi

Kita bebas makan sayuran sebanyak mungkin (kecuali kentang), tetapi tidak dengan buah-buahan. Karena ada beberapa buah yang kandungan gulanya cukup tinggi.

  1. Tidak anti terhadap makanan tertentu

Misalnya jika kita bersikap anticoklat, akhirnya malah yang sering terfikir coklat, coklat, dan coklat. Santai saja biarkan diri menikmati sepotong coklat satu kali setiap hari. Tidak ada makanan yang baik atau buruk kecuali makan secukupnya.

  1. Minum banyak air putih

Orang dewasa memerlukan delapan gelas  atau dua liter air setiap hari. Minum dua liter air kesannya banyak terlalu banyak, padahal kita hanya minum setengah gelas setiap satu jam selama terjaga.

  1. Minum vitamin dan mineral

Gizi yang lengkap sulit didapatkan di zaman sekarang. Idealnya semua kebutuhan gizi terpenuhi dari makanan sehari-hari.

Bagi yang ingin praktis, multivitamin dapat mengisi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh kita.

  1. Jangan melewatkan jam makan

Jika setelah makan siang ingin rasanya tidur di meja kerja, seringkali karena banyak menyantap makanan yang banyak mengandung gula.

Hal ini bisa disiasati dengan makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering, dan paling penting makan sesuai jadwal dan tidak melewatkan jam makan.

  1. Kurangi garam

Mengurangi garam membantu menjaga diet yang sehat. Dengan mengurangi garam, tekanan darah tinggi bisa dihindari, sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Demikianlah 17 tips sehat tanpa harus diet ketat, semoga bisa menambah pengetahuan dan motivasi buat kita semua untuk bergaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *