Tim Siaga Khusus Basarnas Latihan Hadapi Crash di World Superbike

Basarnas
Basarnas menggelar simulasi latihan adanya crash di World Superbike Championship di Sirkuit Mandalika, NTB. (dok. Humas Basarnas)

LOMBOK, Spot19 – Basarnas (Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional) menggelar geladi bersih simulasi apabila terjadi crash (kecelakaan) saat berlangsungnya balapan World Superbike Championship 2021 seri ke-13 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB.

Beberapa pembalap yang sedang menggeber lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan terjatuh. Tim dari Siaga Khusus Basarnas telah menyiagakan helikopter HR-6303 membantu mengevakuasi salah seorang pembalap ke RSUD Provinsi NTB.

Pilot Mayor Laut (P) Sinaga melaksanakan dua kali medical evacuation (medivac) pada geladi bersih di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. Kali kini, melaksanakan medivac udara setelah mendapatkan informasi ada wisatawan yang kritis akibat diterjang gelombang saat bermain-main di pantai.

“Simulasi ini kami laksanakan secara simultan dengan 3 skenario. Orientasi simulasi healthy, safety, and security protocol ini untuk memberikan jaminan kepada wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri,” ujar Agus Haryono, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas.

 

Basarnas
Mayor Laut (P) Sinaga melakukan medical evacuation (medivac) menggunakan Helikopter Basarnas HR-3603 di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika. (Dok. Humas Basarnas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *