Gangguan Internet Terus Menerus Bikin Warga Ciputat Jengkel

Petugas tengah memperbaiki kabel di Ciputat, Tangerang Selatan.

 

Ciputat – Internet menjadi kebutuhan masyarakat saat kondisi pandemi seperti saat ini. Gangguan operator yang sering terjadi dan berlangsung lama membuat kegiatan masyarakat terganggu.

“Sudah sering sebenarnya jaringan internet putus, tapi belakangan jadi lebih sering dan lebih lama,” ujar pelanggan operator yang enggan disebut namanya. Pria yang bekerja di perusahaan swasta itu mengaku kegiatan work from home (WFH) jadi terganggu.

Begitu pula dengan anaknya yang masih belajar dari rumah, pun ikut terganggu akibat jaringan internet langganannya terputus. Dia dengan terpaksa menggunakan kuota internet untuk rapat secara online dan kegiatan sekolah anaknya dari rumah. Akibatnya, penggunaan kuota untuk satu hari itu bisa membengkak.

Seorang warga lainnya yang juga enggan disebut namanya, juga mengalami hal serupa. Ibu rumah tangga di Ciputat ini pernah berusaha menanyakan ke operator mengenai gangguan internet namun jawabannya selalu berbelit-belit.

 

Petugas melakukan pengerjaan kabel jaringan internet siang-malam.

 

Kejengkelan warga memuncak pada Senin (20/9) lalu dengan menyuarakan keluhan mereka di media sosial. Bahkan tagar #FirstMediaDown sempat menjadi trending topic pada hari itu. Namun, hal ini tidak serta merta membuat kualitas jaringan internet lekas pulih.

Public Relation PT Link Net Tbk (First Media) Duma Grace menjelaskan soal kondisi gangguan saat dihubungi. “Based on info yang saya terima, bahwa layanan kami sejak 19 September lalu untuk area Cempaka Putih, Ciputat Timur memang sedang mengalami problem quality yang menyebabkan layanan internet on-off,” ungkapnya.

Menurutnya, hingga saat ini statusnya masih dalam penanganan dan perbaikan secara intensif oleh tim terkait. Berdasarkan observasi lanjutan, per 1 Oktober tim kembali menemukan indikasi lain yang berpotensi menyebabkan gangguan.

“Pukul 02.41 WIB: Salah satu perangkat kami ditemukan rusak dan terlepas. Statusnya sudah ditangani dan selesai pada pukul 6.27 pagi tadi,” kata Duma Grace. Namun, pada pukul 01.17 WIB keesokan harinya, terdapat pemutusan kabel yang diindikasikan terdampak dari adanya aktivitas pelebaran jalan di sekitar wilayah tersebut.

 

Kabel-kabel tampak semrawut di salah satu spot di Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

 

Lebih lanjut, tim First Media masih berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanganannya. Jika tidak ada kendala yang berarti, layanan internet First Media bisa dapat segera aktif kembali. “Penanganan dan perbaikan untuk problem quality di area Cempaka Putih, Ciputat Timur masih intens dilakukan,” pungkasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *