Berawal dari Hobi Kini Jadi Sumber Rezeki

TANGSEL, Spot19 – Berawal dari hobi kini jadi sumber rezeki, begitu kira-kira kalimat yang menggambarkan keadaan Zubair saat ini, seorang penghobi ikan hias predator Channa.

Channa atau Toman yang dikenal juga sebagai Snakehead Fish di Indonesia sangat popular disebut ikan Gabus.

Channa Aurantimaculata / Pribadi
Channa Aurantimaculata / Pribadi

Ikan Gabus jenis Channa ini sekarang naik kelas, yang biasanya diburu/dipancing untuk dikonsumsi tetapi saat ini dijadikan ikan hias karena memang bentuk dan warnanya yang menarik.

Hal ini pula yang membuat Zubair berkeinginan mengkoleksi ikan Channa ini “Saya memelihara Channa sekitar 2 tahun yang lalu di sela waktu luang bekerja sebagai PNS”, ujarnya saat ditemui di rumah sekaligus gallery Channa-nya di daerah Kampung Bulak, Cempaka Putih, Ciputat, Senin (4/10).

Zubair dengan koleksi Channa-nya / Pribadi
Zubair dengan koleksi Channa-nya / Pribadi

Kini seiring waktu, Channa yang awalnya dirawat hanya beberapa ekor sekarang telah menjadi ribuan ekor karena Zubair belajar untuk breeding (membiakkan) di rumah.

Banyak suka duka saat awal belajar breeding, tetapi kerja kerasnya selama ini terbayar sudah. Betapa tidak, dalam 1 bulan Zubair bisa menjual Channna ribuan ekor mulai dari anakan sampai yang dewasa.

“Penjualan dilakukan secara online, lalu melalui komunitas Channa, juga membuka lapak di pasar Parung dan daerah Ceger, Pondok Aren”, imbuhnya menjelaskan proses pemasaran yang dilakukannya.

“Beberapa seller dari luar kota pun, seperti Yogyakarta, Bandung bahkan dari Papua menjadi langganan kita”, tambah Zubair. Biasanya mereka membeli ratusan bibit anakan untuk dibesarkan sendiri dan dijual di kota masing-masing.

Nama tokonya yang kebetulan juga tempat tinggalnya  adalah Abherium, dan saat ini rumahnya juga dijadikan basecamp komunitas Channa Lovers Jakarta Selatan. Mereka biasanya berkumpul di akhir pekan membahas berbagai informasi tentang Channa.

Gallery Channa Abherium / Pribadi
Gallery Channa Abherium / Pribadi

Berbagai jenis Channa berhasil di kembangbiakkan Zubair, yang sekarang juga dibantu oleh Fadli anaknya untuk mengembangkan usaha. Channa yang ada dirumahnya saat ini beberapa diantaranya:

Channa Pulchra, Channa Maruliodes, Channa Asiatica, Channa Maculata, Channa Aurantimaculata, Channa Aurantipectoralis, Channa Andrao, Channa Stewartii, Channa Bleheri, Channa Gachua dan beberapa jenis lainnya.

Channa Maruliodes / Pribadi
Channa Maruliodes / Pribadi

 

Channa Pulchra / Pribadi
Channa Pulchra / Pribadi

 

Channa Andrao / Pribadi
Channa Andrao / Pribadi

Jika sobat spot19 ingin bertanya lebih jauh tentang ikan Channa ini, Zubair bisa dihubungi di 0813 1757 6957 atau 0812 8311 8470.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *