Semrawut Kabel dan Tiang di Ciputat Dikeluhkan Warga

Kondisi kabel dan tiang di Jalan WR Supratman, Ciputat, Tangerang Selatan semrawut dan berbahaya bagi pengendara.

 

Ciputat – Perbaikan tiang dan kabel di Jalan WR. Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, tak kunjung selesai. Keberadaan tiang dan kabel mengganggu aktivitas warga dan berbahaya bagi pengendara.

“Warga terhalang untuk keluar masuk komplek,” ujar Aday, selaku sekuriti perumahan. Kondisi ini akibat ada pengerjaan kabel milik operator beberapa hari lalu. Pekerja di lapangan saat ditemui mengaku sedang merapikan kabel dan memindahkan tiang ke pinggir jalan.

Sejumlah tiang masih ditemui berdiri di tengah badan jalan. Setelah dipindahkan tiang-tiang itu ada yang menghalangi pejalan kaki. Sebagian kabel tampak berantakan tidak terurus, bahkan berbahaya bagi pengendara. Pemilik toko bahkan harus memasang tiang penyangga sementara agar kabel tidak mengganggu aktivitasnya.

Pihak PLN saat dihubungi menjelaskan pihaknya sudah merelokasi tiang sejak 2020, dan dipastikan seluruh tiang PLN sudah berada di pinggir jalan. Tak hanya memindahkan, PLN bahkan telah mengganti dengan tiang yang baru.

Salah satu tiang dan kabel tampak semrawut di Jalan WR Supratman, Ciputat, Tangerang Selatan.

 

“PLN sudah memindahkan 69 tiang yang berada di badan jalan ke pinggir karena adanya pelebaran jalan,” ungkap Senior Manager Komunikasi & Umum PLN UID Jakarta Raya, Ririn Rachmawardini.

PLN juga sudah berkoordinasi dengan Pemkot Tangerang Selatan dalam proses relokasi tiang di jalan tersebut. PLN sangat mendukung upaya Pemkot Tangerang Selatan dalam pembenahan dan penataan kota. Oleh karena itu, PLN siap bekerjasama dan berkoordinasi demi terciptanya tata kota yang baik.

PLN juga meminta kepada utilitas lain yang tidak bekerjasama dalam penggunaan tiang bersama PLN, agar tidak memasang kabelnya tanpa ijin. “Selain mengganggu estetika, pemasangan kabel tanpa ijin juga membahayakan keselamatan,” tegas Ririn.

Kondisi kabel yang menumpuk bisa menyebabkan tiang kelebihan beban dan menjadi miring. Serta kabel jadi saling bergesekan yang dapat menyebabkan kulit kabel terkelupas.

Kabel yang terkelupas ini bisa menyebabkan korsleting pemicu kebakaran. Sedangkan kabel yang terkelupas dan menempel pada tiang besi akan menyebabkan tiang tersebut bertegangan listrik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *