7 Tempat Wisata di Indonesia Yang Bikin Putus Cinta, Benarkah?

TANGSEL, Spot19 – Kekayaan alam Indonesia yang menawan diakui banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Peninggalan sejarahnya pun banyak yang unik dan menarik untuk digali lebih dalam. Dan dibalik keunikan serta pesonanya, tersimpan cerita sejarah berupa mitos yang dipercaya oleh masyarakat.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Alam Mempesona di Banjarmasin

Salah satunya adalah putus cinta, jika mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini. bagaimana pendapat sobat? Mitos atau fakta?

1. Coban Rondo – Malang

Coban Rondo @Flickr
Coban Rondo @Flickr

Dahulu kala ada wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan seorang pria bernama Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro saling jatuh cinta. Keduanya lalu memutuskan untuk menikah. Selang beberapa hari menikah, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk mengunjungi rumah orang tua suami di Gunung Anjasmoro. Niat mereka berdua ditentang oleh orang tua Dewi Anjarwati. Dalam adat Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian keluar rumah sebelum selapanan (35 hari).

Baca juga: 5 Tempat Latihan Panjat Dinding Indoor di Sekitar Ibukota

Jika melanggar tradisi ini bisa mendatangkan musibah bagi pasangan tersebut. Tetapi pasangan suami istri ini tetap berniat pergi. Dalam perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo berjumpa dengan seorang lelaki bernama Joko Lelono. Rupanya sang lelaki tersebut terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati dan ingin memilikinya.

Joko Lelono lalu menantang Raden Baron Kusumo berkelahi untuk menentukan siapa yang berhak atas  Dewi Anjarwati. Sang istri lalu bersembunyi dibalik air terjun menunggu sang suami datang untuk menjemputnya. Namun ternyata, sang suami Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam perkelahian itu. Tinggallah Dewi Anjarwati sendiri yang menjanda bersedih meratapi nasibnya dari balik air terjun. Mitos yang beredar, jika berkunjung ke tempat ini membawa pasangan, maka tidak lama akan putus hubungan.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun di Kota Yogyakarta

2. Candi Prambanan – Yogyakarta

Candi Prambanan @Flickr
Candi Prambanan @Flickr

Candi Prambanan sangat kental dengan cerita Bandung Bondowoso yang terobsesi ingin memiliki Roro Jonggrang. Ketika itu Roro Jonggrang meminta syarat dibangunkan 1000 candi dalam satu malam sebagai syarat kepada Bandung Bondowoso jika ingin menikahinya. Tetapi menjelang fajar, Bandung Bondowoso gagal menyelesaikan permintaan Roro Jonggrang.

Dan ternyata semua itu ulah Roro Jonggrang untuk menggagalkan rencana Bandung Bondowoso menyelesaikan tugasnya dengan membuat seolah-olah waktu sudah hampir fajar. Bandung Bondowoso yang mengetahui hal tersebut sangat marah, dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi Arca di Candi Prambanan. Sampai saat ini ada mitos jika sepasang kekasih yang datang berdua ke Candi Prambanan, maka kisah cinta mereka akan berakhir.

Baca juga: Wow! Ternyata Ada 5 Hewan Purba Yang Masih Hidup di Indonesia

3. Alun-alun Kidul – Yogyakarta

Alun-alun Kidul @Flickr
Alun-alun Kidul @Flickr

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat seputar beringin kembar di alaun-alun kidul ini terjadi di zaman pemerintahan Sultan Hamengkubowono pertama. Ketika sultan Hamengkubuwono pertama bertahta, ada sebuah cerita mengenai pernikahan seorang putrinya. Putri Sultan ketika itu akan dipinang ole seorang pemuda namun sang putri tidak menyukainya.

Saat itu sang putri meminta syarat yang harus dilaksanakan sang pemuda. Sang pemuda harus bisa berjalan dengan mata tertutup dari pendopo sebelah utara Alun alun Kidul melewati dua pohon beringin kembar dan finish di pendopo selatan alun alun. Dan akhirnya sang pemuda gagal melaksanakan permintaan sang putri. Sehingga timbul mitos jika berjalan melewati kedua pohon beringin di alun-alun kidul ini dengan mata tertutup, maka akan merasakan putus cinta.

Baca juga: 5 Pantai Eksotis Yang Tersembunyi di Gunung Kidul

4. Tanah Lot – Bali

Tanah Lot @Flickr
Tanah Lot @Flickr

Menurut cerita, Tanah Lot dibangun oleh seorang Brahmana dari tanah Jawa, Danghyang Niratha yang membawa ajaran Hindu ke Bali pada abad 16. Ular yang berada di Tanah Lot dipercaya sebagai selendang yang menjaga Pura dan menghindari ancaman kejahatan. Pengunjung dapat meminta air untuk awet muda di bagian barat Pura Tanah Lot. Tidak dibolehkan berkunjung membawa pasangan yang belum menikah karean nanti akan segera berakhir kisah cintanya.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Probolinggo Nan Eksotik

5. Bukit Cinta – Ambarawa

Bukit Cinta Ambarawa @Flickr
Bukit Cinta Ambarawa @Flickr

Nama Bukit Cinta diketahui sudah ada sejak zaman Belanda. Awalnya kawasan bukit ini menjadi lokasi gardu pengontrol pembangkit listrik. Seiring berjalan waktu, kawasan gardu iti dijadikan tempat favorit untuk pacaran bagi kawula muda.

Hingga disebutlah kawasan ini dengan Bukit Cinta. Sejumlah mitos muncul di kawasan bukit ini dengan danau yang indah dan penuh legenda itu. Salah satu mitos yang berkembang adalah pasangan kekasih yang mengunjungi Bukit Cinta berdua akan segera putus hubungannya dengan sang kekasih.

Baca juga: 5 Desa Dengan Nama Unik di Indonesia

6. Telaga Sarangan – Magetan

Telaga Sarangan @Flickr
Telaga Sarangan @Flickr

Menurut cerita warga masyarakat, Telaga Sarangan ini pantang didatangi oleh pasangan yang belum menikah. Pasangan kekasih yang datang ke tempat ini disebutkan bisa gagal menapaki jenjang pernikahan. Entah hanya mitos atau bukan, inilah cerita yang menyelimuti keindahan Telaga Sarangan di Magetan – Jawa Timur ini.

Baca juga: Wisata Kok ke Hutan? Coba Deh Pasti Ketagihan

7. Jembatan Merah – Bogor

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor @Flickr
Jembatan Merah Kebun Raya Bogor @Flickr

Jembatan Merah ini berada di area Kebun Raya Bogor. Diantara kisah sejarah dan ilmu pengetahuan yang ada di Kebun Raya Bogor, terselip sebuah mitos. Mitos yang paling terkenal adalah tentang sebuah Jembatan berwarna meraha yang terletak di Pusat Konservasi Tumbuhan. Konon, jika ada pasangan kekasih yang melewati jembatan ini berdua, maka hubungannya akan kandas di tengah jalan

Inilah 7 tempat wisata di Indonesia yang bikin putus cinta, benarkah?

 

** Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kodepublik Renungan Harian yamaha kodepublik motor terbaru yamaha promo yamaha yamaha fazzio yamaha grand filano yamaha all new nmax 155 yamaha all new aerox 155 yamaha xmax 250 yamaha lexi yamaha mio m3 125 yamaha gear 125 yamaha freego 125 yamaha x ride 125 yamaha fino 125 yamaha vega force yamaha jupiter z1 yamaha mx king 150 yamaha all new r15 yamaha r25 yamaha mt15 yamaha mt25 yamaha vixion wr155r maxi day berita yamaha event yamaha blue core vva my yamaha y connect bengkel resmi yamaha dealer resmi yamaha yamaha dds jakarta yamaha flagship shop yamaha cempaka putih yamaha nouvo yamaha cbu yamaha genset yamaha indonesia yamaha jakpus yamaha jakarta pusat yamaha motor jakarta yamahajabodetabek yamahajabodetabek.id yamaha sky yamaha service kunjung komunitas yamaha harga motor yamaha price list yamaha ccu yamaha yamaha tricity yamaha sparepart yamaha service program yamaha smk binaan yamaha yamaha tukar tambah yamaha trade in yamaha matic yamaha maxi yamaha classy yamaha off road yamaha moped yamaha retro yamaha sport motor modif yamaha touring yamaha city ride yamaha yamaha racing yamaha apparel html yamaha mtx yamaha yamaha power product yamaha ev yamaha electric vehicle yamaha e01 yamaha test ride tentang yamaha yamaha genuine parts oli yamaha yamahalube blu cru yamaha jingle competition yamaha contact center layanan hotline yamaha customer service yamaha yamaha day ulang tahun yamaha birthday yamaha yamaha online shop yamaha music yamaha xabre yamaha all new soul gt yamaha jupiter mx yamaha aerox cybercity lowongan yamaha yamaha semakin di depan yamaha revs your heart yamaha gaspol kredit yamaha diskon gaspol Portal Berita Megapolitan