Ada Setidaknya 6 Kalender Lokal yang Masih Digunakan di Indonesia

TANGSEL, Spot19Indonesia memang kaya akan budaya dan peninggalan sejarah masa lalu dari para leluhur. Salah satunya adalah sistem penanggalan atau kalender. Selain Kalender Masehi yang telah umum dikenal masyarakat, ternyata ada setidaknya 6 kalender lokal yang masih digunakan di Indonesia. Kalender ini sering dijadikan acuan dari berbagai etnis yang ada di Indonesia untuk menentukan hari-hari “baik” saat akan mengadakan sebuah acara atau kegiatan keluarga.

Kalender lokal ini diantaranya:

1. Kalender Sunda

Kalender Sunda @IG popuchii
Kalender Sunda @IG popuchii

Kalender ini mirip dengan Kalender Masehi yang setiap bulannya memiliki 29 atau 30 hari. Dan urutan nama bulannya adalah Kartika, Margasira, Posya, Maga, Paliguna, Setra, Wesaka, Yesta, Asada, Srawana, Badra, dan Asuji. Kalender Sunda menjadi inspirasi untuk menentukan hari baik pernikahan, saat bercocok tanam, aktivitas keagamaan, hingga norma-norma yang dijalankan dalam kehidupan. Bangsa Sunda memiliki beberapa kalender, yaitu Kalender Sunda Suryakala atau Saka Sunda yang biasanya digunakan untuk pertanian bersamaan dengan kalender masehi. Satu lagi adalah kalender sunda Chandrakala atau Caka Sunda untuk kehidupan beragama, atau juga menentukan pasang surut air laut.

2. Kalender Hijriyah

Kalender Hijriyah @IG taqwart
Kalender Hijriyah @IG taqwart

Selain Kalender Masehi, ada kalender yang familiar dengan masyarakat Indonesia, yaitu Kalender Hijriyah yang notabene adalah Kalender yang penanggalannya dimulai saat Nabi Muhammad hijrah dari Kota Makkah ke Madinah. Jadi Kalender Hijriyah ini adalah kalender yang digunakan penganut Agama Islam untuk menentukan tanggal-tanggal penting kegiatan agama, seperti penentuan awal bulan Ramadhan, jatuhnya hari raya Idul Fitri dan lain sebagainya.

3. Kalender Saka

Penanggalan Kalender Saka dimulai tahun 78 Masehi dan berasal dari India. Di beberapa daerah di Indonesia masih ada yang menggunakan kalender ini. Sistem penanggalan Kalender Saka ini menggabungkan antara penanggalan matahari dengan penanggalan bulan.

4. Kalender Jawa

Kalender Jawa @IG puspitawarna.kebumen
Kalender Jawa @IG puspitawarna.kebumen

Menggunakan perpaduan antara budaya Islam, Hindu, Budha, Jawa, dan ada sentuhan budaya barat. Perhitungan hari dalam Kalender Jawa ini menggunakan siklus mingguan dan siklus pekan pancawara. Siklus mingguan terdiri dari tujuh hari, sedangkan siklus pancawara terdiri dari 5 hari.

5. Kalender Saka Bali

Pada umumya kita jumpai untuk digunakan oleh masyarakat Hindu di Bali dan Lombok. Kalender Saka ini sistem penanggalannya tidak memiliki aturan yang baku. Dimana kalender ini menggabungkan paduan posisi matahari dan bulan, dimana posisi perputarannya tidak selalu sama.

6. Kalender Batak

Kalender Batak @IG sahat_simarmata
Kalender Batak @IG sahat_simarmata

Nama lain dari Kalender Batak adalah Porhalaan. Kalender ini juga terdiri dari 12 bulan dan setiap bulannya terdiri dari 30 hari. Seringkali digunakan dengan maksud meramal atau mencari hari baik atau panjujuran ori dan kejadian alam.

Inilah 6 kalender lokal yang masih digunakan di Indonesia, adakah jenis kalender lain yang terlewat menurut sobat?

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kodepublik Renungan Harian yamaha kodepublik motor terbaru yamaha promo yamaha yamaha fazzio yamaha grand filano yamaha all new nmax 155 yamaha all new aerox 155 yamaha xmax 250 yamaha lexi yamaha mio m3 125 yamaha gear 125 yamaha freego 125 yamaha x ride 125 yamaha fino 125 yamaha vega force yamaha jupiter z1 yamaha mx king 150 yamaha all new r15 yamaha r25 yamaha mt15 yamaha mt25 yamaha vixion wr155r maxi day berita yamaha event yamaha blue core vva my yamaha y connect bengkel resmi yamaha dealer resmi yamaha yamaha dds jakarta yamaha flagship shop yamaha cempaka putih yamaha nouvo yamaha cbu yamaha genset yamaha indonesia yamaha jakpus yamaha jakarta pusat yamaha motor jakarta yamahajabodetabek yamahajabodetabek.id yamaha sky yamaha service kunjung komunitas yamaha harga motor yamaha price list yamaha ccu yamaha yamaha tricity yamaha sparepart yamaha service program yamaha smk binaan yamaha yamaha tukar tambah yamaha trade in yamaha matic yamaha maxi yamaha classy yamaha off road yamaha moped yamaha retro yamaha sport motor modif yamaha touring yamaha city ride yamaha yamaha racing yamaha apparel html yamaha mtx yamaha yamaha power product yamaha ev yamaha electric vehicle yamaha e01 yamaha test ride tentang yamaha yamaha genuine parts oli yamaha yamahalube blu cru yamaha jingle competition yamaha contact center layanan hotline yamaha customer service yamaha yamaha day ulang tahun yamaha birthday yamaha yamaha online shop yamaha music yamaha xabre yamaha all new soul gt yamaha jupiter mx yamaha aerox cybercity lowongan yamaha yamaha semakin di depan yamaha revs your heart yamaha gaspol kredit yamaha diskon gaspol Portal Berita Megapolitan