15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Siswa Diingatkan Rajin Cuci Tangan

HAri Cuci Tangan Sedunia
15 Oktober merupakan Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati oleh PMI Kota Sukabumi. (Dok. Humas PMI Kota Sukabumi)

 

SUKABUMI, Spot19 – 15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia mengampanyekan pentingnya cuci tangan pada air mengalir. Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat mengajak siswa untuk mencuci tangan di Hari Cuci Tangan Sedunia.

 

“Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati setiap 15 Oktober merupakan kampanye global yang dicanangkan oleh PBB,” ungkap Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, Zaini pada Jumat (15/10). Sebagai bentuk aksi dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya cuci tangan pakai sabun saat ini.

 

Menurut Zaini, mencuci tangan dengan benar merupakan faktor dan kunci utama dalam pencegahan berbagai penyakit. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 cuci tangan menjadi sangat penting.

 

Lebih lanjut Zaini menjelaskan bahwa mencuci tangan adalah salah satu tindakan paling efektif untuk menekan penyebaran patogen dan mencegah infeksi, termasuk penyebaran Covid-19. Tindakan sederhana dan murah, tetapi secara efektif mengurangi jumlah anak kecil yang sakit.

Hari Cuci Tangan Sedunia
PMI Kota Sukabumi kampanyekan Hari Cuci Tangan Sedunia di lingkungan Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. (Dok PMI Kota Sukabumi)

 

PMI Kota Sukabumi menyasar beberapa lokasi dan kelompok yang rentan penyebaran penyakit, khususnya Covid-19. Salah satunya adalah anak usia dini tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK)

Kepala Sekolah SDQU Smart Sejahtera, Muhlis Mubarok menyambut baik kegiatan ini di sekolahnya. Menurutnya kegiatan ini sangat penting dilakukan. “Terlebih saat ini sedang dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah,” ungkapnya. Kegiatan ini juga bermanfaat di masa pandemi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *