Hore! Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Mulai Dibangun di Puncak

Jembatan Gantung
Maket rencana pembangunan jembatan gantung terpanjang di dunia di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

BOGOR, Spot19 – Jembatan gantung terpanjang di dunia mulai dibangun di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (23/10). Jembatan gantung sepanjang 530 meter tersebut dibangun di kawasan Ekowisata Eiger Adventure Land.

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan jembatan gantung terpanjang di dunia saat ini berada di Portugal. Jembatan gantung bernama 516 Arouca itu memiliki panjang 516 meter. “Akan kita tambahkan 14 meter sehingga jadi yang terpanjang di dunia,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

 

Gubernur Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan dimulainya pembangunan jembatan gantung terpanjang di dunia.

 

Dimulainya pembangunan jembatan ini menambah kabar gembira bagi Jawa Barat yang baru saja menjadi juara umum di PON XX Papua. “Sekarang kita dengan semangat juara ini ingin membangun jembatan gantung terpanjang di dunia, saya ulangi akan membangun jembatan gantung manusia terpanjang di dunia, 530 meter,” kata Kang Emil.

 

Jembatan ini diharapkan tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat semata, namun juga kebanggaan bangsa Indonesia. Apabila pembangunan selesai maka diharapkan meningkatkan nama Indonesia dan Jawa Barat khususnya di mata dunia.

 

Jembatan Gantung
Batu pertama pembangunan jembatan gantung sepanjang 530 meter di kawasan Puncak, Bogor.

 

Jembatan ini dibangun di Ekowisata Eiger Adventure Land dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango. Nanti di kawasan ini akan terdapat juga cable car, adventure playground, traditional village, serta tempat penginapan bernuansa alam.

 

Pembangunan kawasan ini telah direncanakan sejak 4 tahun lalu dengan mengurus izin kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta PTPN VIII. Diharapkan mulai dapat beroperasi pada 2023 mendatang. Jadi nggak sabar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *