Inilah 5 Sungai Paling Bersih di Dunia

TANGSEL, Spot19 Sungai adalah sumber kehidupan yang paling dekat dengan manusia. Konon manusia zaman dahulu menggantungkan hidupnya dari sungai dan selalu membuat tempat tinggal dekat dengan sungai. Saat ini sungai digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti tempat rekreasi, pembangkit listrik tenaga air, dan juga dimanfaatkan sebagai tempat mencari nafkah. Tahukah sobat 5 sungai paling bersih di dunia?

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Keluarga di Tangerang

1. Sungai St Croix, Amerika Serikat

Sungai St Croix - Amerika Serikat. Pict by IG @ski.kc
Sungai St Croix – Amerika Serikat. Pict by IG @ski.kc

Sungai yang mengalir di Amerika Serikat ini memiliki panjang 264 kilometer dan mengalir melintasi negara bagian Winconsin dan Minnesot. Dahulu sungai St Croix sempat menjadi kotor karena dijadikan jalur transportasi dari industri kayu di sekitarnya. Namun pemerintah berusaha mengembalikan kebersihan sungai ini sejak tahun 1915.

Baca juga: Wow..Inilah 10 Danau Terluas di Indonesia

2. Sungai Futaleufu, Argentina

Sungai Futaelufu - Argentina. Pict by IG @pablo.realini
Sungai Futaelufu – Argentina. Pict by IG @pablo.realini

Sungai Futaelufu ini terletak di Provinsi Chubut, Argentina dan melintasi perbatasan Argentina dan Chili. Sungai yang memiliki panjang 105 kilometer ini mendapat julukan “un paisaje pintado poor Dios” yang artinya pemandangan yang dilukis oleh Tuhan. Julukan ini didasari oleh kondisi Sungai Futaleufu yang airnya sangat jernih dan adanya berbagai tumbuhan berwarna hijau yang menjadikan pemandangan di sekitar sungai menjadi sangat indah.

Baca juga: Wow.. Inilah Surga Tersembunyi di Pandeglang Yang Harus Dikunjungi

3. Sungai Soca, Slovenia

Sungai Soca - Slovenia. Pict by IG @gabi_stej
Sungai Soca – Slovenia. Pict by IG @gabi_stej

Sungai Soca memiliki panjang mencapai 138 kilometer dan mengalir dari utara Slovenia dan berujung di Laut Adriatik. Karena memiliki keindahan dan kejernihan air, sungai Soca ini dinobatkan menjadi salah satu sungai terbersih di dunia. Air sungai yang berwarna biru kehijauan dikelilingi pepohonan hijau dan bebatuan merupakan kombinasi yang sangat indah.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Alam Mempesona di Banjarmasin

4. Sungai Hanalei, Hawaii

Sungai Hanalei ini mengalir di Hawaii melintasi lereng timur Gunung Wai’ale dan berakhir di Teluk Hanelei dengan panjang mencapai 26 kilometer. Sungai ini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan sawah di sekeliling sungai dan juga deretan perbukitan di kejauhan. Presiden Bill Clinton saat itu, menetapkan bahwa Sungai Hanalei ini adalah warisan bagi Amerika Serikat pada tahun 1998.

5. Sungai Thames, Inggris

Sungai Thames - Inggris. Pict by IG @paddle_on_thames
Sungai Thames – Inggris. Pict by IG @paddle_on_thames

Sungai Thames adalah ikon kota London dan menjadi salah satu sungai yang paling terkenal di dunia. Sungai yang memiliki total panjang 346 kilometer ini telah dinobatkan menjadi sungai terpanjang kedua di negara Inggris. Saat sobat menyusuri Sungai Thames ini, sobat akan melihat berbagai situs bersejarah di Kota London seperti Tower of London, Tower Bridge, London Bridge dan juga London Eye. Jadi sobat, inilah 5 sungai paling bersih di dunia yang disimpulkan dari berbagai sumber.

 

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *